PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL PADA PEGAWAI DINAS PENANAMAN MODAL PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DAN TENAGA KERJA DI KABUPATEN MERANGIN PROVINSI JAMBI

Authors

  • Ilhami Putra Universitas Bung Hatta
  • Dahliana Kamener Universitas Bung Hatta
  • Elfitra Azliyanti Universitas Bung Hatta

Abstract

Komitmen karyawan dalam bekerja sangat mempengaruhi keberadaan atau eksistensi sebuah organisasional. Komitmen akan mendorong karyawan bangga dan bersedia memberikan yang terbaik untuk mendorong kemajuan serta terjaganya eksistensi perusahaan. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh motivasi dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional yang dimiliki pegawai Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga di Kabupaten Merangin Provinsi Jambi. Menyatakan ada beberapa faktor yang mempengaruhi komitme organisasional karyawan, yaitu: karakteristik pribadi individu, karakteristik organisasi, dan pengalaman selama berorganisasi. Karakteristik pribadi terbagi ke dalam dua variabel,yaitu variabel demografis dan variabel disposisional. Variabel demografi yang mencakup gender, usia, status pernikahan, tingkat pendidikan, dan lamanya seseorang bekerja pada suatu organisasi [1].

References

Allen, N. J., & Meyer, J. P. (1993). Organizational commitment: Evidence of career stage effects? Journal of Business Research, 26(1), 49–61. https://doi.org/10.1016/0148-2963(93)90042-N

Daniel Katz & Robert L, K. (2013). The Social Psychology of Organization. Psychological Review (Second Edi, Vol. 4). New York: Folk International. https://doi.org/10.1037/h0072331

Mowday, R. T., & Sutton, R. I. (2013). Organizational Behavior : Organizational Contexts. Contexts (13th ed.). Irwin: McGraw-Hill.

Kreitner, R., Kinicki, A., & Cole, N. (2007). Fundamentals of organizational behaviour key concepts, skills, and best practices. Canada Cataloguing in Publication, 2, 1–20.

Rivai, V. & E. J. S. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan: Dari Teori Ke Praktik (Edisi 3). Jakarta: Rajawali Pers.

Robbins Stephen P dan Judge Timothy. (2012). Organizational Behavior (15e ed.). Irwin: McGraw-Hill.

Sekaran, U. (2013). Research Methods for Business A Skill Building Approach (14th ed.). New York: John Wiey & Sons Inc.

Sutanto, E. M. (2013). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasional Karyawan PT Dai Knife di Surabaya. Jurnal Riset Pembagunan Manusia, 4(1).

Downloads

Published

2020-11-02