PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ( Studi Kasus pada Pelanggan Produk Elzatta di Kota Padang )

Authors

  • Puja Risma Universitas Bung Hatta
  • Irda Irda Universitas Bung Hatta
  • Zeshasina Rosha Universitas Bung Hatta

Abstract

Banyak jenis dari fashion yang berkembang di Indonesia, salah satunya adalah fashion muslim. Perkembangan fashion muslim belakangan ini memiliki pengaruh yang sangat besar bagi industri yang ada di Indonesia. Dari berbagai macam merek produk muslim yang bermunculan, salah satunya yaitu “Elzatta” yang merupakan perusahaan hijab dan busana muslim Indonesia yang berdiri sejak tahun 2012. Elzatta sebagai salah satu Top Brand dalam kategori hijab dan pakaian muslim bermerek di Indonesia untuk tahun 2017-2019, yang memiliki kenaikan dan penurunan dalam TOP Brand Hijab dan Pakaian Muslim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, harga dan promosi secara parsial terhadap keputusan pembelian pelanggan Elzatta di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan teori kualitas produk, kualitas pelayanan, harga, promosi dan keputusan pembelian. Keputusan pembelian merupakan suatu konsep dalam perilaku pembelian dimana konsumen memutuskan untuk bertindak atau melakukan sesuatu dan dalam hal ini melakukan pembelian ataupun memanfaatkan produk atau jasa tertentu[1]. Selanjutnya, kualitas produk merupakan kemampuan suatu produk untuk melaksanakan fungsinya, meliputi daya tahan keandalan, ketepatan, kemudahan operasi dan perbaikan serta atribut bernilai lainnya [2]. Kotler & Keller (2007) dalam Kualitas pelayanan adalah setiap tindakan atau kinerja yang dapat ditawarkan satu pihak kepada pihak lain, yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan sesuatu[3]. Harga adalah jumlah dari semua nilai yang diberikan oleh pelanggan untuk mendapatkan sebuah manfaat dengan memiliki atau menggunakan sebuah produk atau jasa [4]. Promosi merupakan proses mengkomunikasikan variabel bauran pemasaran (marketing mix) yang sangat penting untuk dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk [5].

References

L. Rambat, Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 2. 2009.

Habibah, U., & Sumiati. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis. Jurnal Ekonomi & Bisnis. 1(1): 31-48..

J. Ekonomi, “Pengaruh Kaulitas Produk dan Kualitas Layananan terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Amrullah, Pamasang S. Siburian, Saida Zainurossalamia ZA Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Indonesia,” vol. 13, no. 2, pp. 99–118, 2016.

S. Subekti, “Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Keputusan Membeli Tiket Maskapai Penerbangan Lion Air Rute Lampung-Jakarta,” War. Penelit. Perhub., vol. 29, no. 1, p. 123, 2017.

Setiawati & Tyas. 2015. Pengaruh Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Televisi Samsung di Perumahan Villa Grand Tomang Tanggerang. UnisBank: 978-979.

Downloads

Published

2020-11-02