PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN PAJAK TERHADAP STRUKTUR MODAL (STUDI PADA SEKTOR PERTAMBANGAN SUB SEKTOR BATU BARA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014-2018)

Authors

  • Vivi Indria Rahmadani Universitas Bung Hatta
  • Nailal Husna Universitas Bung Hatta
  • yuhelmi yuhelmi Universitas Bung Hatta

Abstract

Perusahaan pertambangan batu bara merupakan perusahaan yang menghasilkan batu bara, baik penambangan batu bara maupun pengelolaan hasil batu bara. Dalam melakukan pengembangan bisnis, perusahaan akan selalu membutuhkan tambahan dana atau modal. Kebutuhan akan dana tersebut dapat dipenuhi dari berbagai sumber yaitu dapat melalui sumber internal dan eksternal atau hutang. Penggunaan modal asing atau hutang juga perlu diperhatikan oleh perusahaan. Pada perusahaan di sub sektor batu bara terdapat banyak perusahaan yang memiliki jumlah hutang lebih besar dibandingkan jumlah modal sendiri. Penentuan proporsi hutang dan modal dalam penggunaannya berkaitan erat dengan struktur modal. Perusahaan-perusahaan yang memiliki nilai DER lebih dari satu dapat mempengaruhi risiko pertumbuhan, kinerja perusahaan, dan harga sahamnya [1]. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan pajak terhadap struktur modal pada sub sektor batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018.

References

Husnan, S. Dan P. Eny. (2015). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Riyanto, Bambang. (2011). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan (Edisi 4). Yogyakarta: BPFE.

Hakim, Lukman. (2013). Pengantar Manajemen. MUP PRESS

Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Ariani Dan Wiagustin. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Perusahaan Property & Real Estate Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Manajemen. Vol. 6, No. 6

Downloads

Published

2020-11-02