PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PRODUK MINISO DI KOTA PADANG

Authors

  • Tania Lorensia Universitas Bung Hatta
  • Lindawati Lindawati Universitas Bung Hatta
  • Elfitra Azliyanti Universitas Bung Hatta

Abstract

Faktor pertumbuhan ekonomi di era globalisasi menyebabkan kebutuhan manusia semakin beragam, hal ini berpengaruh terhadap perkembangan pasar di Indonesia. Saat ini, banyak perusahaan ritel membuka jaringan toko di Indonesia salah satunya adalah Miniso. Miniso memiliki kualitas produk yang baik, harga yang cukup terjangkau, serta citra merek yang bagus menyebabkan tingginya minat beli konsumen terhadap produk Miniso. Hal ini dapat dilihat data penjualan produk Miniso pada tabel 1 dibawah ini: Tabel 1 Data Penjualan Produk Miniso Pada Bulan Januari - Desember 2019 Bulan Jumlah Produk Terjual (Unit) Januari 3237 Feb 2979 Maret 3245 April 3374 Mei 4000 Juni 4286 Juli 4143 Agustus 4197 September 4226 Oktober 4263 November 4281 Desember 4294 Jumlah 46.525 Sumber: Miniso Plaza Andalas Padang Data penjualan produk Miniso di Kota Padang dari bulan Januari sampai bulan Desember 2019 secara keseluruhan penjualan produk Miniso cukup baik. Data tersebut diketahui bahwa Miniso memiliki minat beli konsumen yang cukup tinggi. Hal ini berbanding terbalik dengan beberapa isu yang menerpa perusahaan ritel ini. Miniso sempat diterpa isu hak kekayaan intelektual yaitu Miniso dituduh menjiplak tanpa izin sebuah desain perusahaan lain. Minat beli konsumen adalah sebuah perilaku konsumen yang mempunyai keinginan dalam membeli atau memilih suatu produk, berdasarkan pengalaman, menggunakan dan mengkonsumsi atau bahkan menginginkan suatu produk [1]. Minat beli dapat ditingkatkan dengan memperhatikan faktor-faktor seperti, kualitas produk, harga [2] dan citra merek [3]. Kualitas produk adalah totalitas fitur dan karakteristik produk atau jasa yang bergantung pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan tersirat [1]. Harga adalah jumlah uang yang telah disepakati oleh calon pembeli dan penjual untuk ditukar dengan barang atau jasa dalam transaksi bisnis normal [4]. Citra Merek adalah persepsi yang dimiliki oleh konsumen saat pertama kali mendengar slogan yang diingat dan tertanam di benak konsumen [5]. Berdasarkan latar belakang di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah kualitas produk, harga dan citra merek berpengaruh positif terhadap minat beli produk Miniso pada konsumen di Kota Padang? Sesuai dengan rumusan masalah, tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris: pengaruh kualitas produk terhadap minat beli, pengaruh harga terhadap minat beli, dan pengaruh citra merek terhadap minat beli produk Miniso pada konsumen di Kota Padang.

References

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012.

Marketing Management. Fourteenth Edition. New Jersey:

Pearson Education.

Rizky, M.F., dan H Yasin. 2014. Pengaruh Promosi

Dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT.

Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Jurnal

Manajemen & Bisnis. Vol. 14 No. 02, pp. 135-143.

Ekawati. 2014. Pengaruh Profesionalisme,

Pengalaman Kerja dan Tingkat Pendidikan Auditor,

Terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas (Studi

Empiris Pada Kantor Akuntan Publik Di Wilayah Bali).

Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika. Vol. 3,No. 1.

Tandjung,J.W. 2004. Marketing Management:

Pendekatan Pada Nilai-Nilai Pelanggan, Edisi Kedua,

Cetakan Kedua, Malang: Bayu Media.

Kotler, Philips dan Kevin Lane Keller. 2009.

Manajemen Pemasaran Jasa, terjemahan Hendra Teguh,

edisi ketigabelas, jilid satu dan dua, penerbit :

Prenhalindo, Jakarta.

Cochran, W. G. 1963. Sampling Techniques, 2nd Ed.,

New York: John Wiley and Sons, Inc

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Y X

Koef

Reg

Sig α

K

et

Keputu

san

Hipote

sis

Minat

Beli

Konsu

men

(Y)

Constant

a (a)

659 0.065 - - -

Kualitas

Produk

(X1)

320 0.001 0.05 terima

Harga

(X2)

222 0.038 0.05 terima

Citra

Merek

(X3)

292 0.002 0.05 terima

Downloads

Published

2020-11-02