PENGARUH KUALITAS LAYANAN, FASILITAS DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN BENGKEL HONDA RADJA MOTOR KOTA PADANG

Authors

  • Ismi Ramadhani Saputra Universitas Bung Hatta
  • Dahnil Johar Universitas Bung Hatta
  • Dahliana kamener Universitas Bung Hatta

Abstract

Peningkatan kualitas pelayanan merupakan salah satu strategi pemasaran yang diutamakan terhadap pemenuhan keinginan pelanggan. Untuk menciptakan kualitas layanan yang tinggi, sebuah perusahaan harus menawarkan layanan yang mampu diterima dan dirasakan pelanggan sesuai dengan atau bahkan melebihi harapan pelanggan. Semakin tinggi kualitas pelayanan yang dirasakan, pelanggan tentu akan semakin puas [1]. Kepuasan yang dirasakan pelanggan, akan berdampak positif bagi perusahaan, diantaranya akan mendorong terciptanya kepuasan pelanggan dan reputasi perusahaan akan semakin positif bagi masyarakat, khususnya bagi para pelanggan. Hal ini menjadi suatu peluang usaha yang dapat dimanfaatkan untuk membuka jasa layanan service motor [1]. Hal tersebut juga di dukung oleh penelitian [2] yang menyatakan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Selain kualitas pelayanan, fasilitas juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memperoleh kepuasan. Fasilitas adalah sumber daya fisik yang harus ada sebelum suatu jasa dapat ditawarkan kepada konsumen [3]. Lokasi menjadi faktor utama dari keberhasilan suatu penjualan suatu produk atau jasa. Jika perusahaan berhasil mempertahankan lokasi yang strategis, maka itu dapat menjadi rintangan yang efektif bagi para pesaing untuk mendapatkan akses kepasar [4].

References

Widodo, dkk. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Ahass Sumber Jaya Maha Sakti Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol 12. No. 1.

Kuntari, dkk. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Bengkel PT Astra International Tbk – Daihatsu Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 36 No. 1.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, Quality dan Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. (2012). Service Management. Yogyakarta: Andi.

Sirijani, Ninik dan Hidayat, Achmad Sukma. 2017. Pengaruh Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Aston Madiun Hotel Dan Conference Center. Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi. Vol. 7. Hal 31-38.

Kusuma. 2016. Effect Of Marketing Mix On Customer Satisfaction: Emprical Study On Tourism Industry In Malaysia. International Journal Of Applied Research. Vol. 2, No. 2.

Afifudin, & Sitohang, S. (2016). Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsu men Di Wisata Bahari Lamongan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(12), 1–17.

Khasanh, Imroatul dan Indiato. 2015. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Nilai Pelanggan Pada Bengkel “Ocean Auto Wheels” Di Semarang. Diponegoro Journal Of Management. Vol. 4, No. 1.

Downloads

Published

2020-11-02