PENGARUH CITRA DESTINASI, LOKASI DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DI KAWASAN WISATA MANDEH PESISIR SELATAN

Authors

  • Rahmanda yametu ikhsan Universitas Bung Hatta
  • Reni Yuliviona Universitas Bung Hatta
  • Zeshasina Rosha Universitas Bung Hatta

Abstract

Perkembangan industri pariwisata yang semakin pesat berpengaruh terhadap peningkatan sektor jasa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan jumlahsektor jasa yang sedang berkembang di Indonesia, seperti banyaknya bisnis hotel, restoran, dan perjalanan yang dapat digunakan oleh wisatawan.Menciptakan kepuasanwisatawan merupakan suatu pekerjaan yang cukup sulit apabila tidak memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Tujuan Penelitian Sesuai dengan perumusan masalah penelitian yang dikemukakan di atas maka tujuan penelitianya sebagai berikut : 1.Untuk menganalisis pengaruh citra destinasi terhadap kepuasan pengunjung KawasanWisata Mandeh Pesisir Selatan. 2.Untuk menganalisispengaruh lokasi terhadap kepuasan pengunjung KawasanWisata Mandeh Pesisir Selatan. 3.Untuk menganalisispengaruh fasilitas terhadap kepuasan pengunjung KawasanWisata Mandeh Pesisir Selatan. Manfaat Penelitian 1.Teoretis yaitu dengan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi penelitian-penelitian selanjutnya demi mengembangkan ilmu pengetahuan pada umumnya dan bidang manajemen pemasaran pada khususnya 2.Praktis yaitu sebagai bahan pertimbangan bagi pengelola KawasanWisata Mandeh Pesisir Selatan dalam upaya meningkatkan citra destinasi, lokasi serta fasilitas diKawasanWisata Mandeh Pesisir Selatan

References

Afifudin. (2016). Pengaruh Lokasi, Promosi, dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Di Wisata Bahari Lamongan..Jurnal ilmu dan riset manajemen, 5(12), 2461-0593.

Alfitriani. 2015. Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Kualitas, Nilai Persepsi, Kepuasan dan Minat Berprilaku: Kasus Kunjungan Wisatawan di Kota Palembang. Menara Ekonomi Volume I No. 2 - Oktober 2015

Dananjaya,I Made ,dkk. (2017) Analisis Pengaruh Citra Destinasi Dan Motif Berwisata Terhadap Tingkat Kepuasan Wisatawan Lanjut Usia. E-Jurnal Matematika Vol. 6 (2), Mei 2017, pp. 131-136 ISSN: 2303-1751 131

Dewi, (2013).Pengaruh Citra Destinasi Pariwisata Kabupaten Belitung terhadap Perilaku Pasca Berkunjung Wisatawan Nusantara.Tourism and Hospitality Essentials Anthology.EdisiI.Desember.

Echtner, C.M. & Ritchie, J.R.B. (2003).The Meaning and Measurement of Tourism Destination Image.The Journal of Tourism Studies, 14, (1), 37- 48.

Fandy, Tjiptono. 2014. Pemasaran Jasa.Andi : Yogyakarta

Ghozali, I. (2016). Statistik Non-Parametrik: Teori dan Aplikasi dengan Program SPSS.Universitas Diponegoro. Semarang.

Gujarati, Damodar. 2003. Ekonometrika Dasar.Terjemah Sumarno Zein. Jakarta: Erlangga.

Hanif, Asya., Kusumawati, Andriani., Mawardi, M.Kholid. 2016. Pengaruh Citra Destinasi terhadap Kepuasan Wisatawan serta Dampaknya terhadap Loyalitas Wisatawan.E-Jurnal Administrasi dan Bisnis (JAB) Vol. 38 No. 1.

Husein Umar, 2005. Metode Penelitian. Jakarta : Salemba Empat

Kotler dan Keller.(2009). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Expedisi Di Surabaya. Ilmu & Riset Manajemen, 3(1), 1–18.

Downloads

Published

2020-11-02