PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Authors

  • Kamilul Ihsani Universitas Bung Hatta
  • Irda Irda Universitas Bung Hatta
  • Irda Irda Universitas Bung Hatta
  • Dahliana kamener Universitas Bung Hatta

Abstract

Motor matic memiliki peranan besar dalam perubahan tatanan kehidupan masyarakat. Demi mendapat pengakuan dalam suatu kelompok tertentu, membuat masyarakat berlomba untuk memenuhi suatu kebutuhan gaya hidup tertentu dan untuk memenuhi tuntutan tersebut, mereka melakukan berbagai cara untuk mencapainya. Thomas Wijaya, Direktur PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan kontribusi penjualan sepeda motor matic bisa di atas 80% dalam setahun. Kepraktisan menjadi faktor yang mendukung penjualan sepeda motor matic tumbuh pesat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh citra merek, kualitas produk dan kepuasan konsumen secara parsial terhadap loyalitas konsumen pengguna sepeda motor matic di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan teori citra merek, kualitas produk, kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen. loyalitas adalah komitmen untuk bertahan secara mendalam dengan melaksanakan pembelian ulang / berlangganan kembali dengan produk /jasa terpilih secara konsisten dimasa yang akan datang , meskipun pengaruh situasi dan usaha pemasaran mempunyai potensi yang menyebabkan perubahan perilaku.[1]. Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan kinerja (hasil) produk yang dipikirkan terhadap kinerja (atau hasil) yang diharapkan. Dari definisi tersebut dapat dikatakan apabila kinerja produk tidak sesuai dengan harapan maka kepuasan konsumen akan rendah [2]. Citra merek adalah sekumpulan asosiasi merek yang terbentuk dan melekat dibenak konsumen [3]. Kualitas produk merupakan keseluruhan gabungan karakteristik produk yang dihasilkan dari pemasaran, rekayasa, produksi dan pemeliharaan yang membuat produk tersebut dapat digunakan memenuhi harapan pelanggan atau konsumen. [4].

References

Oliver, R. L. (1997). Satisfaction: A Behavioral Perspective on the Consumer. In McGraw-Hill series.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. In Global Edition (Vol. 15E, Issue 4).

Mowen dan Minor. (2002). Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta.

wijaya. (2011). Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta. PT INdeks

Downloads

Published

2020-11-02