PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR YAMAHA DI KABUPATEN INDRAGIRI HULU PROVINSI RIAU

Authors

  • Nilam Sari Universitas Bung Hatta
  • Ice kamela Universitas Bung Hatta
  • Irda Irda Universitas Bung Hatta

Abstract

Pada saat sekarang ini perusahaan-perusahaan saling bersaing untuk mendapatkan pangsa pasar yang besar untuk meningkatkan pendapatan. Persaingan ini juga dirasakan oleh perusahaan yang bergerak dibidang alat transformasi dengan berbagai macam merek yang ada di Indonesia salah satunya sepeda motor merek Yamaha yang mana merek Yamaha merupakan merek sepeda motor yang pertama kali menerbitkan suatu produk sepeda motor dalam bentuk matic. Untuk memeperkuat fenomena dalam penelitian ini menggunakan data pangsa pasar dan data survey awal untuk mengukur keputusan pembelian terhadap 30 orang responden. Dimana dilihat dari data pangsa pasar setiap tahunya Sepeda motor merek Yamaha memiliki tingkat penjualan lebih rendah di bandingkan dengan sepeda motor merek Honda dan market share sepeda motor merek Yamaha tingkat penjualannya selalu alami turun naik di setiap tahunnya. Selanjunya dilihat dari rekapitulasi hasil survey awal yang telah dilakukan rata-rata dalam pengambilan keputusan pembelian terhadap sepeda motor merek Yamaha di kategorikan dalam cukup baik maka oleh sebab itu hal inilah yang menjadikan fenomena dalam penelitian yang saya lakukan.Teori dalam penelitian ini adalah kualitas produk, citra merek dan keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan teori kualitas produk , citra merek dan keputusan pembelian. Kualitas produk adalah kemampuan suatu produk untuk melaksanakan fungsinya, meliputi daya tahan, keandalan, ketepatan, kemudahan operasi dan perbaikan serta atribut bernilai lainnya[1]. Citra merek adalah nama, istilah, tanda, symbol, atau desaign atau kombinasi dari semuanya itu yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa dari seseorang atau sekelompok penjual untuk membedakannya dari produk atau barang pesaing[2]. Keputusan pembelian adalah kegiatan penentuan pemilihan produk/jasa oleh konsumen yang umumnya terdiri dari lima tahapan: pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi. alternatif keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian[3].

References

Panget, Brayen, Dkk (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat Pada CV. LION di Ternate. Jurnal Administrasi Bisnis.

Juliana, Kadek Edi dan Telagawathi, Ni Luh Wayan Sayang (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat. Jurnal Manajemen

Downloads

Published

2020-11-02