PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Authors

  • Deny Rizal Rivano Universitas Bung Hatta
  • Mery Trianita Universitas Bung Hatta
  • Reni Yuliviona Universitas Bung Hatta

Abstract

PT Jotun merupakan salah satu manufaktur cat, pelapis dan power coatings terkemuka di dunia yang didirikan pada 1926 di Norwegia oleh Odd Gleditsch dan sudah berkiprah lebih dari 90 tahun di pasar global. Namun, meskipun demikian, penjualan cat jotun di kota padang masih belum sesuai dengan harapan. Berdasakan data penjualan cat tembok jotun di Kota Padang diketahui bahwa terjadinya penurunan penjualan dalam 3 tahun terakhir, yaitu pada tahun 2016-2018. Hal ini disebabkan oleh banyak nya konsumen yang tidak berminat utk menggunakan cat jotun, bahkan sebagian konsumen ada yang belum mengenali cat tembok merek jotun tersebut.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian ulang pada cat tembok merek jotun. Selanjutnya, untuk menganalisis pengaruh Brand Image terhadap keputusan pembelian ulang pada cat tembok merek. Selanjutnya, untuk menganalisis pengaruh kepuasan konsumen terhadap keputusan pembelian ulang pada cat jotun merek jotun. Selanjutnya, untuk menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada cat tembok merek jotun. Kemudian, untuk menganalisis pengaruh brand image terhadap kepuasan konsumen pada cat tembok merek jotun. Kemudian, untuk menganalisis pengaruh kepuasan konsumen sebagai variable intervening antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian ulang pada cat tembok merek jotun, dan untuk menganalisis pengaruh kepuasan konsumen sebagai variable intervening antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian ulang pada cat tembok merek jotun. Purnama, 2006 (dalam Windarti, dkk (2017) menjelaskan bahwa kualitas produk adalah kesesuaian antara kebutuhan dan keinginan atas produk ke dalam spesifikasi produk yang dihasilkan [1]. Menurut Tjiptono, 2005 (dalam Juhaeri, 2016) brand image merupakan deskripsi tentang asosiasi dan keyakinan konsumen terhadap merek tertentu [2]. Menurut Umar, 2005 (dalam krisnanda dan rastini 2018) kepuasan konsumen merupakan tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan antara ekspektasi dan kenyataan [3]. Pembelian ulang (repeat purchase) menurut Peter/Olsen (dalam Novantiano, 2007) adalah Kegiatan pembelian yang dilakukan lebih dari satu kaliatau beberapa kali [4].

References

Windarti (2017). Analisis kualitas produk dan kualitas pelayanan bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Ilmiah Research Sains Vol.2 No.1.

Juhaeri.(2016).pengaruh citra merek terhadap kepercayaan terhadap minat beli konsumen (studi kasus pada www.model gorden.com). Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Unniversitas Pamulang: Vol.4.

krisnanda, B. dan Rastini, N. (2018). Pengaruh Service Qualitydan Kewajaran Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Warung Mina Di Kota Denpasar, E-Jurnal Manajemen Unud, Vol 7.

Novantiano (2015). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Green Productpertamax Turbo (Ron 98) Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. e-Proceeding of Management, Vol.5

Sugiyono, Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Cv Alfabeta, 2013.

Downloads

Published

2020-11-02