PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE DAN FASHION INVOLVEMENT TERHADAP IMPULSE BUYING BEHAVIOR DI TRANSMART KOTA PADANG

Authors

  • Weni Putri Utami Universitas Bung Hatta
  • Irda Universitas Bung Hatta
  • Dahliana Kamener Universitas Bung Hatta

Abstract

Setiap konsumen memiliki pandangan yang berbeda-beda. Dimana perbedaan tersebut mempengaruhi perilaku konsumen (consumers behavior) dalam pengambilan keputusan. Perilaku konsumen mengarah pada bagaimana memahami tindakantindakan yang dilakukan konsumen dalam hubungannya dengan produk. Perilaku konsumen (consumers behavior) didefinisikan sebagai studi tentang unit pembelian (buying units) dan proses pertukaran yang melibatkan perolehan, konsumsi, dan pembuangan Shopping lifestyle mengacu pada pola konsumsi yang mencerminkan pilihan seseorang tentang bagaimana cara menghabiskan waktu dan uang. Dalam arti ekonomi, shopping lifestyle menunjukkan cara yang dipilih oleh seseorang untuk mengalokasikan pendapatan, baik dari segi alokasi dana untuk berbagai produk dan layanan, serta alternatif-alternatif tertentu dalam pembedaan kategori serupa[1]. Shopping lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying behavior pada masyarakat high income di Galaxy Mall Surabaya[2]. Involvement adalah tingkat kepentingan pribadi yang dirasakan dan/atau minat yang dibangkitkan oleh stimulus didalam situasi spesifik hingga jangkauan kehadirannya, konsumen bertindak dengan sengaja untuk meminimumkan resiko dan memaksimumkan manfaat yang diperoleh dari pembelian dan pemakaian[3]. Fashion involvement mengacu pada ketertarikan perhatian dengan kategori produk fashion. Fashion Involvement berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying behavior pada masyarakat high income di Galaxy Mall Surabaya[2]. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan pengaruh shopping lifestyle dan fashion involvemen terhadap impulse buying di Transmart Kota Padang.

References

Japarianto, Edwin. 2011. Sikap Relatif Dan Komitmen Jangka Panjang Konsumen Dalam Model Loyalitas (Studi Kasus Pada PT. Garuda Citilink). Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol 5. No 1.

Japarianto, Edwin, dan Sugiono Sugiharto. (2011). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior Masyarakat High Income Surabaya, 6(1), 1-24. Retrieved from Jurnal Management Pemasaran.

Setiadi, Nugroho J. (2013). Perilaku Konsumen Edisi Revisi, Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-11-02