PENGARUH PROMOSI, KEPERCAYAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi:G Sport Center Di Kota Padang)
Abstract
Berdasakan data jumlah pelanggan yang berkunjung di G-Sport Center Padang diketahui bahwa pelanggan yang berkunjug di G-Sport Centeri mengalami penurunan. Hal ini disebabkan oleh karena kualitas pelayanan di GSport Center kurang puas,pelanggan yang berkunjung di G-Sport Center Padang mengalami adanya penurunan dari bulan Mei sampai Agustus. Hal ini menunjukan bahwa pelanggan di G-Sport Center Padang cenderung menuru n. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh promosi terhadap kepuasan pelanggan pada G-Sport Center Padang. Selanjutnya, untuk menganalisis pengaruh kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan pada G-Sport Center. Selanjutnya, untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada G-Sport Center Padang. Penelitian ini menggunakan teori promosi, kepercayan,kualitas pelayanan kepuasan pelanggan. promosi merupakan semua kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan produk pada pasar sasaran.Menurut (Kotler & Amstrong, 2008) Kepercayaan konsumen adalah semua pengetahuan yang dimiliki oleh pelanggan dan semua kesimpulan yang dibuat pelanggan tentang objek, atribut dan manfaatnya (Mowen dan Minor 2002), Kualitas pelayanan adalah keseluruhan ciri serta sifat dari suatu produk atau pelayanan yang berpengaruh pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan (Kotler & Armstrong, 2008) Menurut Kotler dan Keller (2016) mengemukakan bahwa kepuasan (satisfaction) adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang timbul karena membandingkan kinerja yang dipersepsikan produk atau hasil terhadap ekspektasi mereka.References
Ghozali, Imam dan Latan, Hengky. 2015.
Partial Least Square Konsep Teknik dan
Aplikasi Menggunakan Program
SmartPLS 3.0. 2nd Edition. Semarang:
Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2008.
Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th ed.).
Jakarta: Erlangga.
Susanti, Deery Anzar 2016. Analisis Pengaruh
Harga, Promosi, Pelayanan, Dan Kualitas
Produk Online Terhadap Kepuasan
Konsumen Online Secara Syariah.
Analytica Islamica. Vol.5 No.2.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran.
Yogjakarta: Andi.
Hair, Black, Babin, dan Anderson. 2010.
Multivariate Data Analysis (7th Edition).
New Jersey: Pearson Education
International
Hair, joseph E, jr et al. 2014. A Primer on
Partial Least Squares Structural Equation
Modeeling (PLS-SEM). SAGE
Publications, Inc. Califprnia. USA
Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran
(Edisi 11). Jakarta: PT Indeks.
Kusuma, dkk 2015. Pengaruh Kualitas
Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap
Kepuasan Pelanggan Pada Sulthan
Hotelbanda Aceh. Jurnal Manajemen.
Vol.4, No.4..
Mowen dan Minor, 2002. Perilaku konsumen.
Jilid 1, Edisi kelima, Penerbit Erlangga
Nilasari, Eswika dan Istiatin 2015. Pengaruh
Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan
Konsumen Pada Dealer Pt. Ramayana
Motor Sukoharjo . Jurnal Paradigma.
Vol. 13 No. 1.
Rifai, Mohamad 2017. Pengaruh Kualitas
Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap
Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan
Ayam Geprek Spesial Sambal Korek
Cabang Kediri. Ekonomi Manjeme. Vol 1
No. 3.