PENGARUH PROMOSI, KEPERCAYAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi:G Sport Center Di Kota Padang)

Authors

  • Sonia Afrilia Universitas Bung Hatta
  • Reni Yuliviona Universitas Bung Hatta
  • Ice kamela Universitas Bung Hatta

Abstract

Berdasakan data jumlah pelanggan yang berkunjung di G-Sport Center Padang diketahui bahwa pelanggan yang berkunjug di G-Sport Centeri mengalami penurunan. Hal ini disebabkan oleh karena kualitas pelayanan di GSport Center kurang puas,pelanggan yang berkunjung di G-Sport Center Padang mengalami adanya penurunan dari bulan Mei sampai Agustus. Hal ini menunjukan bahwa pelanggan di G-Sport Center Padang cenderung menuru n. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh promosi terhadap kepuasan pelanggan pada G-Sport Center Padang. Selanjutnya, untuk menganalisis pengaruh kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan pada G-Sport Center. Selanjutnya, untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada G-Sport Center Padang. Penelitian ini menggunakan teori promosi, kepercayan,kualitas pelayanan kepuasan pelanggan. promosi merupakan semua kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan produk pada pasar sasaran.Menurut (Kotler & Amstrong, 2008) Kepercayaan konsumen adalah semua pengetahuan yang dimiliki oleh pelanggan dan semua kesimpulan yang dibuat pelanggan tentang objek, atribut dan manfaatnya (Mowen dan Minor 2002), Kualitas pelayanan adalah keseluruhan ciri serta sifat dari suatu produk atau pelayanan yang berpengaruh pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan (Kotler & Armstrong, 2008) Menurut Kotler dan Keller (2016) mengemukakan bahwa kepuasan (satisfaction) adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang timbul karena membandingkan kinerja yang dipersepsikan produk atau hasil terhadap ekspektasi mereka.

References

Ghozali, Imam dan Latan, Hengky. 2015.

Partial Least Square Konsep Teknik dan

Aplikasi Menggunakan Program

SmartPLS 3.0. 2nd Edition. Semarang:

Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2008.

Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th ed.).

Jakarta: Erlangga.

Susanti, Deery Anzar 2016. Analisis Pengaruh

Harga, Promosi, Pelayanan, Dan Kualitas

Produk Online Terhadap Kepuasan

Konsumen Online Secara Syariah.

Analytica Islamica. Vol.5 No.2.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran.

Yogjakarta: Andi.

Hair, Black, Babin, dan Anderson. 2010.

Multivariate Data Analysis (7th Edition).

New Jersey: Pearson Education

International

Hair, joseph E, jr et al. 2014. A Primer on

Partial Least Squares Structural Equation

Modeeling (PLS-SEM). SAGE

Publications, Inc. Califprnia. USA

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran

(Edisi 11). Jakarta: PT Indeks.

Kusuma, dkk 2015. Pengaruh Kualitas

Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap

Kepuasan Pelanggan Pada Sulthan

Hotelbanda Aceh. Jurnal Manajemen.

Vol.4, No.4..

Mowen dan Minor, 2002. Perilaku konsumen.

Jilid 1, Edisi kelima, Penerbit Erlangga

Nilasari, Eswika dan Istiatin 2015. Pengaruh

Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan

Konsumen Pada Dealer Pt. Ramayana

Motor Sukoharjo . Jurnal Paradigma.

Vol. 13 No. 1.

Rifai, Mohamad 2017. Pengaruh Kualitas

Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap

Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan

Ayam Geprek Spesial Sambal Korek

Cabang Kediri. Ekonomi Manjeme. Vol 1

No. 3.

Downloads

Published

2020-11-02