PENGARUH RASIO AKTIVITAS, EARNING PER SHARE (EPS), USIA PERUSAHAAN DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN JASA SUB SEKTOR PERDAGANGAN BESAR BARANG PRODUKSI YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2014-2018

Authors

  • Utari Nur Andika Putri Universitas Bung Hatta
  • Listiana Sri Mulatsih Universitas Bung Hatta
  • Rika Desiyanti Universitas Bung Hatta

Abstract

Perkembangan bisnis yang mulai memasuki era globalisasi mengakibatkan persaingan perusahaan semakin tajam. Persaingan yang sangat ketat pada saat ini disebabkan oleh pertumbuhan ekonomi yang semakin meningkat. Termasuk pada perkembangan perusahaan jasa yang mendasari semua yang dibutuhkan masyarakat. Salah satunya Perusahaan Jasa Sub Sektor Perdagangan Besar Barang Produksi yang akan terus mengalami petumbuhan. Hal ini dikarenakan semakin meningkatnya daya beli masyarakat, maka permintaan akan barang-barang dagang pun meningkat. Dalam memenuhi kebutuhan tersebut maka perusahaan harus menentukan berapa besarnya modal yang dibutuhkan. Modal terdiri atas ekuitas dan hutang perbandingan tersebut dalam struktur finansial perusahaan disebut struktur modal. Struktur modal merupakan masalah yang sangat penting bagi perusahaan. Karena masalah ini akan berdampak terhadap posisi keuangan perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan perlu memperhatikan penggunaan sumber dananya, karena setiap sumber dana memiliki biaya modal yang berbeda dan tingkat risiko yang berbeda pula. Menurut Sartono (2012) salah satu proksi yang digunakan untuk mengukur struktur modal adalah DAR (debt to asset ratio) DAR digunakan untuk mengetahui seberapa besar aktiva perusahaan yang dibiayai dengan utang. Semakin tinggi rasio ini berarti semakin besar jumlah modal pinjaman yang digunakan untuk investasi pada aktiva guna menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.

References

Afrizal & Suhardi. 2019. Bagaimana Pecking-Order Theory Menjelaskan Struktur Permodalan Bank di Indonesia?. Jurnal Ekonomi dan Sosial, 10 (1), 32-54.

Arilyn, E. J. 2016. Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Struktur Aset, Non-Debt Tax Shield dan Usia Perusahaan Terhadap Struktur Modal (Studi Pada Perusahaan Makanan dan Minuman di BEI). Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 18 (1), 43-52.

Susanto, D. 2019. Analisis Pengaruh Current Ratio, Net Profit Margin, Total Assets Turnover dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal (Studi Empiris Pada Perusahaan Sub Sektor Perdagangan Besar Barang Produksi dan Konsumsi di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017). Jurnal Ekonomika dan Manajemen, 8 (1), 59-70.

Utami, E. M., & Hidayah, R. T. 2017. The Influence Of Capital Structure On Earning Per Share (EPS). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 8 (2), 241-2.

Downloads

Published

2020-11-02