PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, STRUKTUR KEPEMILIKAN, PERTUMBUHAN PENJUALAN, RISIKO BISNIS, DAN EARNING PER SHARE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Otomotif Yang Terdaftar Di BEI Periode 2015-2018)

Authors

  • Nova Saputri Universitas Bung Hatta
  • Listiana Sri Mulatsih Universitas Bung Hatta
  • Mery Trianita Universitas Bung Hatta

Abstract

Berkembangnya pasar modal Indonesia menjadikan pilihan alternatif investasi yang menarik bagi investor. Pasar modal adalah tempat bertemunya pihak yang memiliki kelebihan dana dan pihak yang membutuhkan dana. Pasar modal adalah pembentuk harga saham dimana supply dan demand dari sebuah instrumen keuangan memengaruhi harga sekuritas tersebut. Sebelum melakukan keputusan investasi, calon investor membutuhkan informasi tentang penilaian saham dan kondisi perusahaan. Informasi tersebut dapat diperoleh dari laporan keuangan yang diterbitkan secara berkala oleh perusahaan. Dalam laporan keuangan, cerminan nilai perusahaan adalah Price to Book Value (PBV). Price to Book Value (PBV) adalah perbandingan antara harga saham dan nilai buku (book value) yang diberikan pasar keuangan untuk mengukur nilai perusahaan. Nilai Price to Book Value (PBV) yang tinggi akan membuat pasar percaya pada kinerja dan prospek perusahaan. Menurut teori ini, jika harga saham lebih tinggi dari nilai buku perusahaan, nilai PBV akan meningkat sehingga perusahaan semakin bernilai tinggi di pasar keuangan. Dengan demikian, nilai PBV dapat dijadikan strategi investasi bagi calon investor.

References

Brigham dan Houston. 2013. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Diterjemahkan Oleh Ali Akbar Yuliato. Jakarta: Salemba Empat

Ningsih, Utami, 2013. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage dan Likuiditas Terhadap Kelengkapan Laporan Tahunan Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurna Ekonomi Nasional Universitas Indonesia. Depok

Riyanto, Bambang. 2008. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: Penerbit GPFE

Sartono, Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi, Edisi Empat. BPFE: Yogyakarta

Sekaran, Uma. 2006. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Edisi 4. Buku I. Jakarta: Salemba Empat.

Sudana, Made I. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktek. Jakarta: Erlangga

Sugiyono. 2015. Teori dan Aplikasi Untuk Analisa Data Penelitian. Alfabeta. Bandung

Winarno, Wing Wahyu. 2009. Analisis Ekonometrika Dan Statistik Dengan Eviews. Edisi kedua. UPP STIM YKPN. Yogyakarta

Downloads

Published

2020-11-02