PENGARUH KEPEMILIKAN KELUARGA, KONEKSI POLITIK, DAN CAPITAL INTENSITY TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK : KUALITAS AUDIT SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Authors

  • Selvi Rahmadani SBL Universitas Bung Hatta
  • Zaitul Universitas Bung Hatta
  • Wahidil Universitas Bung Hatta

Keywords:

Kepemilikan Keluarga, Koneksi Politik, Capital Intensity

Abstract

Penghindaran pajak terjadi pada salah satu perusahaan tembakau milik British American Tobacco (BAT) https://ortax.org/ortax/ (9/5/19) diduga melakukan penghindaran pajak di Indonesia melalui PT Bentoel Internasional Investama Tbk (RMBA). Menurut TJN, BAT telah mengalihkan sebagian pendapatannya keluar dari Indonesia. Salah satu penyebab tidak tercapainya target pajak disebabkan oleh adanya perusahaan keluarga. Menurut Praptidewi & Sukartha, (2016) bahwa pada perusahaan keluarga, terdapat masalah keagenan yang unik yaitu konflik yang lebih besar antara pemegang saham mayoritas dengan pemegang saham minoritas, dan konflik yang lebih kecil antara pemilik dan manajer. Faktor lain ialah koneksi politik. Penelitian Kadek & Utari, (2017) bahwa koneksi politik berpengaruh positif terhadap penghindaran pajak. Faktor capital intensity (intensitas modal) juga dapat mempengaruhi pembayaran pajak suatu perusahaan.

References

Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kadek, N., & Utari, Y. (2017). Pengaruh Corporate Governance, Profitabilitas Dan Koneksi Politik Pada Tax Avoidance. E-Jurnal Akuntansi, 18, 2202–2230.

Praptidewi, L., & Sukartha, I. (2016). Pengaruh Karakteristik Eksekutif Dan Kepemilikan Keluarga Pada Tax Avoidance Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 17(1), 426–452.

Published

2020-11-02