PENGARUH ROTASI AUDIT, DUE PROFESSIONAL CARE, TEKANAN ANGGARAN WAKTU, DAN PENGETAHUAN PENGELOLAAN KEUANGAN TERHADAP KUALITAS AUDIT

Authors

  • Azma Ulya Iriani Universitas Bung Hatta
  • Dwi Fitri Puspa Universitas Bung Hatta
  • Daniati Puttri Universitas Bung Hatta

Keywords:

Rotasi Audit, Due Professional Care, Kualitas Audit

Abstract

Kualitas Audit adalah Probabilitas bahwa laporan keuangan tidak memuat penghalangan ataupun kesalahan penyajian yang material (Belkaoui, 2011:85). Menurut Aisyah dan Sukirman (2015) kualitas audit adalah bentuk dari pelaporan mengenai kelemahan pengendalian intern dan kepatuhan terhadap ketentuan, tanggapan dari pejabat yang bertanggung jawab, pendistribusian laporan hasil pemeriksaan, dan tindak lanjut dari rekomendasi auditor sesuai aturan atau standar yang telah ditetapkan. Penelitian ini meneliti tentang pengaruh Rotasi Audit, Due Professional care, Tekanan Anggaran Waktu, dan Pengetahuan Pengelolaan Keuangan terhadap Kualitas Audit. Teori penelitian ini adalah teori agensi dan teori atribusi .Teori agensi merupakan hubungan keagenan sebagai kontrak kerjasama (nexus of contract) di mana satu atau lebih principal (pemimpin) menggunakan orang lain (agent) untuk menjalankan aktivitas perusahaan. Teori atribusi dikemukakan untuk untuk memberikan penilaian pada seseorang. Teori ini dikembangkan oleh Fritz Heider yang mengargumentasikan bahwa perilaku seseorang ditentukan oleh kombinasi antara kekuatan internal (internal forces) dan kekuatan eksternal (eksternal forces). Kekuatan internal merupakan faktor-faktor yang berasal dari dalam diri seseorang, seperti kemampuan atau usaha. Sedangkan kekuatan eksternal merupakan faktor-faktor yang berasal dari luar diri individu dan dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya, seperti kesulitan dalam pekerjaan atau keberuntungan.

References

Andriani, N., dan Nursiam, N. 2018. Pengaruh Fee Audit, Audit Tenure, Rotasi Audit Dan Reputasi Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015). Riset Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 3(1), 29. https://doi.org/10.23917/reaksi.v3i1.5559

Safitri, Meilina, Pengaruh Pengetahuan Tentang Pengelolaan Keuangan, Objektivitas, Pengalaman Kerja, Integritas Dan Motivasi Terhadap Kualitas Audit (Studi Pada Inspektorat Di Kabupaten/Kota Di Provinsi Riau), JOM Fekon, Vol. 4 No.1 (April) 2017.

Yudha, P. A., Edy Sujana, S. E., & Purnamawati, I. G. A. (2018). Pengaruh Kompleksitas Audit, Due Professional Care, Tekanan Anggaran Waktu, dan Pengalaman Auditor Terhadap Kualitas Audit Dengan Variabel Moderasi Pemahaman Terhadap Sistem Informasi (Studi Empiris pada Auditor KAP di Bali). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 8(2).

Abdul Halim. 2004. Akuntansi Keuangan Daerah. Salemba Empat. Jakarta.

Belkaoui dan Riahi, A. 2011. Accounting Theory: Teori Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Published

2020-11-02