PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN DOMESTIK SURFING DI KEPULAUAN MENTAWAI

Authors

  • Debbie Novia Rizal
  • Lindawati Lindawati
  • Yulihar Mukhtar

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu penghasil devisa terbesar bagi suatu negara atau daerah. Untuk menarik minat wisatawan agar tertarik untuk datang, diperlukan strategi bauran pemasaran yang tepat sehingga penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisa pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan wisatawan domestik surfing khususnya di Kepulauan Mentawai.

Sampel dari penelitian ini adalah turis domestik yang berjumlah 160 orang yang datang ke Kepulauan Mentawai. Data yang digunakan adalah data primer yang didapat dari hasil penyebaran kuisioner dan hasilnya dianalisa menggunakan SPSS. Metode analisa data yang digunakan adalah metodel regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakan T-tes untuk membuktikan pengaruh variabel bebas yang meliputi produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan sarana fisik terhadap variabel terikat yaitu keputusan wisatawan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk, harga, tempat dan sarana fisik berpengaruh positif dan signifikan sementara itu promosi, orang, proses berpengaruh negatif terhadap keputusan wisatawan domestik surfing di Kepulauan Mentawai.

 

Kata kunci : bauran pemasaran, keputusan wisatawan domestik, surfing, Kepulauan Mentawai

 

Published

2013-09-13