PERAN MANAJEMEN LABA DALAM MEMODERASI HUBUNGAN ANTARA PENGUNGKAPAN CORPORATE SOSIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN KINERJA PERUSAHAAN

Authors

  • Nur Amalina Universitas Bung Hatta
  • Zaitul Universitas Bung Hatta
  • Siti Rahmi Universitas Bung Hatta

Keywords:

manajemen laba, Corporate Social Responsibility, kinerja perusahaan

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang peran manajemen laba dalam memoderasi hubungan antara pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dan kinerja perusahaan. Pertumbuhan industri penerbangan nasional pada beberapa waktu terakhir ini cukup pesat. Seiring pertumbuhan tersebut, tidak banyak perusahaan maskapai penerbangan yang mampu bertahan, yaitu mereka yang didukung oleh kondisi finansial yang kuat dan manajemen perusahaan yang baik. Populasi penelitian ini adalah sebanyak 22 perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014 – 2018. Sampel diambil berdasarkan metode sensus yaitu seluruh populasi dijadikan sampel dalam penelitian ini maka terdapat 22 sampel perusahaan sehingga jumlah sampel yang digunakan untuk 5 tahun amatan berjumlah 110 sampel perusahaan. Pengujian hipotesis menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Berasas pembahasan serta hasil analisis diatas, disimpulkan sebagai berikut: (i) pengungkapan”corporate social responsibility (CSR) berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. (ii) Earning management tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. (iii) Manajemen..laba secara negatif memoderasi hubungan antara CSR dan kinerja perusahaan.

References

Wahyuni,E., Zaitul., Nurhuda., (2020). Pengaruh Human Capital dan Struktur Capital terhadap Relationship Capital serta dampaknya pada Kinerja Perusahaan. Executive Summary Vol 16 No 1

Published

2020-11-02