PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI SMARTPHONE OPPO PADA MAHASISWA UNIVERSITAS BUNG HATTA

Authors

  • Robby Tri Kurniawan Universitas Bung Hatta
  • Mery Trianita Universitas Bung Hatta
  • Purbo Jadmiko Universitas Bung Hatta

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi di era globalisasi saat ini semakin cepat dan tak terbendung menyebabkan persaingan dalam duniabisnis yang semakin kompetitif dan setiap perusahaan dituntut untuk terus berinovasi jika tidak ingin tertinggal. Salah satunya adalah perusahaansmartphone Oppo, perusahaan yang berasal dariChina ini mulai merilis smartphone pertamanya padaahun 2008 kemudian mulai memasuki pasar Indonesia pada tahun 2013 Menurut Gregorius, Yanto dan Tjiptono (2004:311) country of origin adalah segala pengaruhdari negara produsen terhadap persepsi positifmaupun negatif konsumen atas produk tertentu.Namun, tak satupun negara yang memonopolireputasi positif untuk suatu produk dan juga tidak ada reputasi yang secara universal inferior. Brand image merupakan bentuk atau gambaranertentu dari suatu jejak makna yang tertinggaldibenak khalayak konsumen (Wijaya, 2011:56). Kotler (2009:214) menyatakan bahwa minat belikonsumen merupakan tindakan-tindakan dan hubungan sosial yang dilakukan oleh konsumen perorangan, kelompok maupun organisai untuk menilai, memperoleh, dan menggunakan barangbarang melalui proses pertukaran atau pembelian yang diawali dengan proses pengambilan keputusanyang menentukan tindakan-tindakan tersebut.

References

Kotler, P., & Keller, K, L. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ketiga belas. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Gregorius., Fandy Tjiptono, dan Yanto Chandra. 2004. Pemasaran Global: Internasionalisasi dan Internetisasi. Yogyakarta: ANDI

Hair, Anderson. "Tatham, and Black." AnĂ¡lisis multivariante (1998).

Sekaran, Uma. 2007. Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Edisi 4, Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wijaya, Sukma Bambang., Model Komunikasi Berasa Dalam Pemasaran Studie: Mengenai Iklan Ambient Media Dalam Meraih Kepercayaan

Khalayak Konsumen. Journal Communication Spectrum. 1. no. 1 (2011).

Downloads

Published

2020-11-03