ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN DRIVER GO-JEK DI KOTA PADANG (Studi komparatif Sebelum Dan Masa Covid 19)

Authors

  • Rudi Fourwanda
  • Irwan Muslim
  • Helmawati

Abstract

PENDAHULUAN Perkembangan teknologi yang semakin meningkat khususnya dalam bidang jasa transportasi online jauh lebih menguntungkan masyarakat karena kemudahan dalam sistem yang lebih transparan. Pada saat sekarang yang sedang bagus-bagusnya jasa transportasi online di Kota Padang yaitu Go-Jek karena seperti yang kita lihat bahwa Go-Jek memberikan kemudahan kepada driver agar tidak harus berada di pangkalan karena dia hanya perlu mengaktifkan aplikasi nya dan berada di mana saja (perkotaan), dan pada m pembagian pendapatan 20% untuk perusahaan dan 80% untuk driver. Pekerjaan sebagai driver Go-Jek tidak memiliki ikatan waktu, para driver bebas menentukan jam kerjanya atau bisa dikatakan sebagai model survival time (Crawford, 2010)[1]. Namun pada saat ditanyakan kepada 20 driver Go-Jek di Kota Padang tentang apakah pendapatan meningkat setiap harinya dan hanya 25% yang menjawab Ya dan 75 % menjawab Tidak. Namun pada saat sekarang ini ada penyakit yang sangat bayaha (Covid 19) membuat masyarakat takut untuk keluar rumah dan berdampak kepada pengurangan jumlah orderan dan secara tidak langsung akan menurunkan pendapatan driver Go-Jek di Kota padang. Permasalahan yang dilihat di atas terjadi ketimpangan pendapatan, persaingan maupun orderan driver Go-jek di Kota Padang, dan pada Covid 19 yang mengakibatkan penurunan aktivitas masyarakat di luar rumah, secara tidak langsung menyebabkan penurunan pendapatan driver Go-jek di Kota padang. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah umur, jumlah orderan, pengalaman kerja dan pesaing baru berpengaruh terhadap pendapatan driver Go-jek di Kota padang, dan melihat apakah terdapat perbedaan pendapatan driver Go-Jek di Kota Padang sebelum dan pada masa Covid 19.

References

Rich, B. L., Jeffrey, A. Lepine., &Eean, R. Crawford. (2010). Job engagement: antecedents and effects on job performance. Academy of Management Journal, Vol. 53 (3), 617–635.

Pramana, Andi. 2012. Analisis Perbandingan Trading Volume Activity dan Abnormal Return Saham Sebelum dan Sesudah Pemecahan Saham (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode (2007-2011). Universitas Diponegoro, Semarang.

Buku

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. R&D. Bandung: Alfabeta

Published

2020-11-03