ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGANGGURAN TERHADAP KEMISKINAN DI INDONESIA

Authors

  • Listika Rena Putri
  • Erni Febrina Harahap
  • Nurul huda

Abstract

Pembangunan adalah tujuan dari sutau negara, dimana negara tersebut semakin maju ketika ada peningkatan pada pembangunannya. Salah satu indikator keberhasilan pembangunan adalah dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi, diharapkan dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi mampu mengurangi pengangguran ataupun kemiskinan yang ada (Rustam 2010). Kemiskinan salah satu masalah yang dihadapi oleh semua negara. Pertumbuhan ekonomi sebagai salah satu indikator dalam mengatasi masalah kemiskinan, dimana pertumbuhan ekonomi merupakan konsep dari pembangunan ekonomi (Atalay 2015). Selain pertumbuhan ekonomi, Indeks Pembangunan Manusia juga berperan penting dalam penanggulangan tingkat kemiskinan, karena dengan kayanya akan sumber daya manusia yang dimiliki, maka akan berdampak padapengurangan kemiskinan di Indonesia. Kemudian selain IMP tingkat pendidikan yang dimiki juga akan berpengaruh terhadap tingkat kemiskinan khususnya di negara berkembang. Rendahnya produktivitas kaum miskin dapat disebabkan oleh rendahnya akses mereka untuk memperoleh pendidikan (Rasidin K dan Bonar M, 2004).

References

Rustam, 2010. Perencanaan Pertumbuhan Ekonomi Jawa Timur Dalam Rangka Mengurangi Angka Pengangguran Dan Kemiskinan.

Rasidin, K dan Bonar M Sinaga. 2004. Dampak Investasi, Sumber Daya Manusia Terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Kemiskinan Di Indonesia: Pendekatan Model Computable General Equilibrium.

Published

2020-11-03