PENGARUH KEHADIRAN TRANSPORTASI ONLINE TERHADAP PENDAPATAN TRANSPORTASI KONVENSIONAL DIKOTA PADANG

Authors

  • M. Setyo Syahbandi
  • Antoni
  • Evi Susanti Tasri

Abstract

Transportasi merupakan unsur penting dalam kehidupan bangsa dan dalam memupuk kesatuan dan persatuan bangsa. Pembangunan di bidang transportasi sebagai pendukung pembangunan sektor lainnya dalam mewujudkan sasaran pembangunan nasional di seluruh wilayah baik di perkotaan maupun di perdesaan. Pembangunan ekonomi suatu kota membutuhkan jasa angkutan yang cukup serta memadai. Tanpa adanya transportasi sebagai sarana penunjang tidak memungkinkan tercapainya hasil yang memuaskan dalam usaha pengembangan ekonomi suatu negara. Kebutuhan jasa pengangkutan atau disebut juga transportasi merupakan kebutuhan turunan (derived demand) akibat aktivitas ekonomi, sosial, dan sebagainya (Salim 2002). Ketersediaan jasa transportasi berkorelasi positif dengan kegiatan ekonomi dan pembangunan dalam masyarakat. Jasa transportasi mempunyai peranan penting bukan hanya untuk melancarkan arus barang dan mobilitas manusia, tetapi jasa transpotasi juga membantu tercapainya alokasi sumber daya ekonomi secara optimal dalam bidang ketenagakerjaan, berarti kegiatan produksi dilaksanakan secara efektif dan efisien, kesempatan kerja dan pendapatan masyarakat meningkat, selanjutnya kesenjangan antar daerah dapat ditekan menjadi sekecil mungkin. Salah satu jasa transportasi online yang saat ini berkembang adalah (Gojek). Jasa transportasi online (Gojek) memberi layanan yang tidak di dapatkan pada jasa ojek pangkalan. Pelayanan yang diberikan transportasi online (Gojek) adalah akses untuk mendapatkan pengemudi dengan mudah, pembayaran tunai, perjalanan dengan memanfaatkan teknologi dan informasi, serta potongan harga yang diberikan kepada penumpang di waktu-waktu tertentu, pelayanan tersebut tidak diterapkan oleh ojek pangkalan. Jasa transportasi online (Gojek) tentunya melakukan persaingan dengan menawarkan keunggulan untuk mengejar keuntungan. Menurut (Avinda 2016) kehadiran dan digemarinya ojek online berdampak pada berkurangnya pendapatan ojek konvensional yang tidak siap berkompetisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui pengaruh kehadiran trasnportasi online terhadap pendapatan dan jumlah pelanggan transportai konvensional di kota padang.

References

Avinda, SevillaP. 2016. “AnalisisdampakojekonlineterhadappangkalanojekkonvensionalGriyaPasteur.Https://Sevindanda.Wordpress.Com/2016/01/21/Analisis-Dampak-Ojek-Online-Terhadap-Pangkalan-Ojek-Konvensional-Griya-Pasteur/,Diakses10Agustus2017.” Jurnal Holistik (21): 16.

Bungin, B. 2005. “Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenada Media Group.” (April): 19600828.

Dewanto, AdityaF. 2016. “Pengaruh Ojek Online Terhadap Transportasi Masyarakat DKI Jakarta.” Jurnal Dinamika Sosial Budaya 21(1): 1.

Greenberg, P. 2010. “CRM as The Speed of Light. New York: McGraw Hill.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.

Hendrayanti. 2018. “PENGARUH ANGKUTAN ONLINE TERHADAP ANGKUTAN UMUM DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.

Hengky Latan. 2014. ''Aplikasi Analisis Data Statistik untuk Ilmu Sosial Sains dengan IMB SPSS.''ALFABETA, cv

Miro, F. 2005. “Perencanaan Transportasi. Jakarta: Erlangga.” Skripsi.

Salim, A. 2002. “Manajemen Transportasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.” 2(3): 317–26.

Published

2020-11-03