PENGARUH FAKTOR BUDAYA, SOSIAL, PRIBADI, DAN PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TAS FURLA DI KOTA PADANG

Authors

  • Ori Rahmadhani
  • Nelmida Nelmida
  • Irda Irda

Abstract

Salah satu benda fashion yang tak pernah terpisahkan dari wanita adalah tas. Furla merupakan salah satu brand ternama dari Italia yang bergerak di bidang fashion terutama fashion wanita. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis terhadap keputusan pembelian tas furla di kota Padang. Variabel penelitian terdiri dari faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis untuk independen, dan variabel keputusan pembelian untuk variabel dependen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling, dimana penyebaran kuesioner disebarkan kepada 100 orang konsumen yang membeli atau menggunakan tas furla di kota Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linear berganda. Dari hasil penelitian diketahui bahwa variabel faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian tas furla di kota Padang dengan nilai signifikansi masing-maing sebesar 0,048 untuk faktor budaya, 0,043 untuk faktor sosial, 0,002 untuk faktor pribadi, dan 0,002 untuk faktor psikologis. Dikatakan signifikan karena nilai sig kecil dari 0,05 alpha.

 

Kata Kunci :      Keputusan Pembelian Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Faktor Psikologis

 

 

 

 

 

Salah satu benda fashion yang tak pernah terpisahkan dari wanita adalah tas. Furla merupakan salah satu brand ternama dari Italia yang bergerak di bidang fashion terutama fashion wanita. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis terhadap keputusan pembelian tas furla di kota Padang. Variabel penelitian terdiri dari faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis untuk independen, dan variabel keputusan pembelian untuk variabel dependen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling, dimana penyebaran kuesioner disebarkan kepada 100 orang konsumen yang membeli atau menggunakan tas furla di kota Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linear berganda. Dari hasil penelitian diketahui bahwa variabel faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian tas furla di kota Padang dengan nilai signifikansi masing-maing sebesar 0,048 untuk faktor budaya, 0,043 untuk faktor sosial, 0,002 untuk faktor pribadi, dan 0,002 untuk faktor psikologis. Dikatakan signifikan karena nilai sig kecil dari 0,05 alpha.

 

Kata Kunci :      Keputusan Pembelian Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Faktor Psikologis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Published

2013-09-13