PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA KARYAWAN PT. MITRA ANDALAN NIAGA NUSANTARA KAB. TEBO

Authors

  • Novaliawati Novaliawati
  • Ice Kamela
  • Surya Dharma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap turnover intention pada karyawan PT. Mitra Andalan Niaga Nusantara Kab. Tebo. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Mitra Andalan Niaga Nusantara Kab. Tebo yang berjumlah 58 orang karyawan. Jenis data yang digunakan adalah data primer melalui penyebaran kuisioner. Metode analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji hipotesis menggunakan uji  T-test statistik untuk membuktikan pengaruh variabel independent terhadap variabel dependent secara parsial atau individu.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap turnover intention pada karyawan PT. Mitra Andalan Niaga Nusantara Kab. Tebo, sedangkan komitmen organisasi berpengaruh negatif terhadap turnover intention  pada karyawan PT. Mitra Andalan Niaga Nusantara Kab. Tebo.

Kata kunci : Kepuasan Kerja, Komitmen organisasi, Turnover intention

Published

2013-09-13