FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN SEKTOR PROPERTY DAN REAL ESTATE DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Holyvia Universitas Bung Hatta
  • Yuhelmi Universitas Bung Hatta
  • Rika Desiyanti

Abstract

Sektor Property dan Real Estate merupakan salah satu sektor yang diprediksi megalami pertumbuhan kinerja yang positif di Tahun 2020 mendatang,mengingat diyakini ditahun tersebut pertumbuhan ekonomi Indonesia akan meningkat hingga 7% pertahun. Meningkatnya pertumbuhan sektor ekonomi akan diiringi dengan semakin membaiknya kemampuan masyarakat dalam Membeli sarana perumahan.Prediksi yangdiperoleh dari pengamatan para ahli ekonomi nasional tersebut sedikit bertolak belakangdengan kondisi perusahaan di sektor Property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, khususnya jika dari perkembangan laba usaha. Dalam mengukur kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba digunakan return on assets yang diukur denganpersentase.Menurut[1]dalam \laba yang dihasilkan perusahaan dapat dijadikan acuan untuk memprdiksi kemungkinan terjadinya financialdistress dalam sebuah perusahaan.Financialdistress merupakan sebuah kondisi dimna perusahaan mengalami masalahkeuangan,yang terlihat daripenurunan laba atau pun disebabkan oleh faktor lainnya.Ketika perusahaan terus menerus mengalami penurunan laba atau posisi laba yang bernilai negatif menunjukan kecenderungan financial distress yang akan terjadi dalam sebuah perusahaan akan semakin tinggi.

References

Buku

S.a Ross,Westerfield,and Jaffe, Corporate Finance, 9th Ed. Irwin: McGraw-Hill,2012.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2014.

Jurnal

F. Julius, “Pengaruh Financial Leverage,Firm Growth,Laba dan Arus Kas Terhadap Financial Distress,”JOM Fekon, vol. Vol.4, no. No.1, pp. 1164–1178,2017.

S.Bakhri,E.Listyaningsih,and Nurbaiti, “PengaruhLikuiditasDanProfitabilitas Terhadap Financial Distress Pada Perusahaan Transportasi,” J. Ris. Akunt.danManaj.,vol.7,no.1,pp.

–47,2018.

N.M.Sunarsih and N.P.S.Dewi, “Pengaruh Penerapan Employee Stock Option Plan (ESOP) pada Kinerja Keuangan dan Nilai Perusahaan,”J. Ekon.dan Pariwisata, vol.13, no.2,pp.111–118,2018.

A.R.Mufida,“Analisis Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Potensi Terjadinya Financial Distress,”JBMI (JurnalBisnis,Manajemen,dan Inform., vol.16,no.3,p.297,2020.

Downloads

Published

2020-11-04