PENGARUH KEPEMILIKAN MANAGERIAL, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP KEBIJAKAN PERUSAHAAN MEMBAGIKAN DIVIDEN TUNAI PADA PERUSAHAAN LQ 45 DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Indahman Universitas Bung Hatta
  • Listiana Sri Mulatsih Universitas Bung Hatta
  • Yuhelmi Universitas Bung Hatta

Abstract

Pada umumnya investor akan mencari perusahaan yang dapat menjamin percepatan pengembalian dana investasi yang mereka tanamkan. Salah satu kelompok perusahaan yang menjadi primadona bagi investor dalam berinvestasi adalah perusahaan yang tergabung dalam kelompok LQ 45. Menurut Setiawan (2015) perusahaan LQ 45 merupakan perusahaan yang diranking kedalam 45 besar. Ukuran rangking didasarkan dari nilai transaksi perdagangan harian yang dihitung setiap enam bulan. Perusahaan LQ 45 akan berganti personil setiap Februari dan Agustus untuk setiap tahun berjalan. Pada umumnya pelaku pasar khususnya investor sangat menyukai membeli sekuritas yang ditawarkan oleh salah satu perusahaan yang tergabung dalam kelompok LQ 45 mengingat reputasi perusahaan yang tinggi dan adanya jaminan percepatan pengembalian dana investasi salah satunya dalam bentuk dividen [1].

References

A. Sartono, Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi, Edisi IV. Yogyakarta: BPFE, 2012.

P. H. Bernard, Business Analysis & Evaluation Using Financial Statement, Third Edit. New Jersey: McGraw-Hill, 2012.

A. D. Suryani and M. Khafid, “Pengaruh Free Cash Flow, Pertumbuhan Perusahaan, Kebijakan Deviden, dan Ukuran Perusahaa Terhadap Kebijakan Hutang Pada Perusahaan Manufaktur,” Din. Akuntansi, Keuang. dan Perbank., vol. 4, no. 1, pp. 20– 28, 2015.

N. K. Kholis, E. D. Sumarmawati, and H. M. Mutmainah, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan,” J. Anal. Bisnis Ekon., vol. 16, no. 1, pp. 19–25, 2018.

E. Tandelilin, Portofolio dan Investasi: Teori dan Aplikasi, Kedua. Yogyakarta: BPFE, 2010.

Downloads

Published

2020-11-04