PENGARUH VARIABEL-VARIABEL EKUITAS MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA MASKAPAI PENERBANGAN LION AIR DI KOTA PADANG

Authors

  • Mela Yulmida
  • Surya Dharma
  • Ice Kamela

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh variabel-variabel ekuitas merek terhadap loyalitas pelanggan pada maskapai penerbangan lion air di kota Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan maskapai penerbangan Lion Air di Kota Padang yang berjumlah 100 responden.Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer melalui penyebaran kuesioner. Metode analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Uji hipotesis dengan menggunakan uji T-test statistik untuk membuktikan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara parsial atau individu.

            Hasil penelitian ini menemukan bahwa kesadaran merek dan persepsi kualitas tidak terbukti berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan pada maskapai penerbangan lion air di Kota Padang. Sedangkan asosiasi merek dan loyalitas merek berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan pada maskapai penerbangan lion air di Kota Padang.

 

Kata Kunci : variabel-variabel ekuitas merek, loyalitas pelanggan


 

Published

2013-09-13