ANALISIS DESKRIPTIF KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DONATUR DI PKPU CABANG PADANG

Authors

  • Meri Arlina
  • Surya Dharma
  • Reni Yuliviona

Abstract

Untuk menjaga eksistensi sebuah usaha jasa salah satu faktor yang harus dapat diberikan kepada pelanggan adalah kepuasan.Untuk menciptakan kepuasan tentu harus terjadi keseimabangan antara tingkat kepentingan dan kinerja.Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan donatur terhadap pelayanan. Lembaga yang dijadikan objek adalah PKPU tempatnya di kota Padang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuisioner.Model analisis yang dikembangkan adalah kuantitatif yaitu serqual models. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan teridentifikasi instrument pelayanan yang harus diprioritaskan oleh PKPU cabang Padang yaitu berhubungan dengan pelayanan langsung, tidak menunggu lama dan langsung dilayani ketika customer datang. Faktor lain yang harus ditingkatkan adalah bersedia melayani pada waktu yang diinginkan, janji bertemu cukup mudah, tutur kata yang menyenangkan, sikap yang sesuai dengan harapan, mengetahui cara penyelesaian transaksi, perlakuan yang baik dan sesuai harapan, dan puas dalam perlakuan karyawan.

 

Kata Kunci    : Kualitas Pelayanan, Kepuasan

 

 

 

 

Published

2013-09-13