ANALISIS PENGARUH PENDAPATAN NASIONAL, EKSPOR, SUKU BUNGA DAN, NILAI TUKAR TERHADAP CADANGAN DEVISA DI INDONESIA.

Authors

  • Muhamad Alfandi
  • Alvis Rozani
  • Helmawati

Abstract

Dalam pelaksanaan pembangunan, sumber utama pendanaan pembangunan adalah cadangan devisa yang juga merupakan tabungan nasional. Akumulasi cadangan devisa didapatkan dari kegiatan perdagangan internasional baik ekspor maupun impor serta kegiatan arus modal. Selain sebagai sumber pendanaan pembangunan, cadangan devisa juga digunakan sebagai alat transaksi dalam perdagangan internasional. Alat transaksi yang digunakan berupa mata uang kuat yang diterima secara luas sebagai bukti pembayaran internasional. (Yudha & Hadi, 2009). Salah satu indikator penting untuk mengetahui kondisi ekonomi di suatu negara dalam suatu periode tertentu adalah data PDB, baik atas dasar harga berlaku maupun atas dasar harga konstan. Pendapatan nasional dapat menjadi tolok ukur dalam pertumbuhan ekonomi suatu Negara, termasuk Negara Indonesia. Dimana perekonomian disebut mengalami pertumbuhan apabila dalam perekonomian makro terjadi penambahan produk domestik bruto, yang berarti peningkatan pendapatan nasional (Theo, 2013). Menurut Amir (2004:1), ekspor adalah upaya melakukan penjualan komoditas yang kita miliki kepada bangsa lain atau Negara asing, dengan mengharapkan pembayaran dalam valuta asing, serta melakukan komoditi dengan memakai bahasa asing. Menurut Mishkin (2008:4), suku bunga adalah biaya pinjaman atau harga yang dibayarkan untuk dana pinjaman tersebut (biasanya dinyatakan sebagai persentase per tahun). Menurut Nopirin (1996:163), Kurs adalah pertukaran antara dua mata uang yang berbeda, maka akan mendapat perbandingan nilai/harga antara kedua mata uang tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui pengaruh pendapatan nasional, ekspor, suku bunga dan, nilai tukar terhadap cadangan devisa di Indonesia.

References

Gujarati, Damodar. (2003), “Ekonometri Dasar”. Terjemahan: Sumarno Zain, Jakarta: Erlangga

Mishkin, Frederic S. 2008. Ekonomi Uang, Perbankan, dan Pasar Keuangan.Salemba Empat. Jakarta.

Nopirin, 1996. Ekonomi Moneter: Edisi 2.BPFE-UGM. Yogyakarta

Susilowati, D., & Soelistyo, A. (2016). Pengaruh Upah Minimum Dan Distribusi Pendapatan Terhadap Jumlah Penduduk Miskin Jawa Timur. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 14(02),219–231.

Theo, William. 2013 Pengaruh Suku Bunga, Inflasi, Pendapatan Nasional terhadap Nilai Tukar Rupiah 2008-2012. 13 Maret 2015.

Yudha, A. El, & Hadi, S. (2009). Analisis Pengaruh Tingkat Suku Bunga SBI Dan VolumeEkspor Impor Terhadap Nilai Tukar Rupiah. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 7(1), 47–62.9(2), 208–224.

Published

2020-11-05