PENGARUH PENANAMAN MODAL DALAM NEGERI, PENANAMAN MODAL ASING, DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA

PENGARUH PENANAMAN MODAL DALAM NEGERI, PENANAMAN MODAL ASING, DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA

Authors

  • Wahyu Ilham
  • Erni Febrina Harahap
  • Evi Susanti Tasri

Abstract

Pembangunan ekonomi adalah suatu proses kenaikan pendapatan total dan pendapatan perkapita dengan memperhitungkan adanya pertambahan penduduk dan disertai dengan perubahan fundamental dalam struktur ekonomi suatu negara dan pemerataan pendapatan bagi penduduk suatu negara. Proses pembangunan ekonomi biasanya tidak hanya ditandai dengan terjadinya perubahan pada struktur permintaan serta penawaran barang dan jasa yang diproduksi (Ro’yati, 2017). Pembangunan daerah dimaksudkan untuk mendorong, memberdayakan masyarakat, menumbuhkan prakarsa serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam rangka membangun daerahnya, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pembangunan yang dilaksanakan daerah meliputi berbagai bidang, salah satunya pembangunan ekonomi (Agustini dan Panca Kurniasih, 2017). Penelitian yang dilakukan yaitu merupakan penelitian kuantitatif. Menurut Sugiyono, (2014) penelitian kuantitatif adalah penelitian yang menitikberatkan analisis dengan menggunakan alat uji statistik.

References

DAFTAR PUSTAKA

Ro’yati, S. (2017). Analisis Pengaruh Investasi, Pertumbuhan Ekonomi dan Upah Minimum Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja diProvinsi DIY (Tahun 2000-2014). Ekonomi.

Agustini, Y., & Panca Kurniasih, E. (2017). Pengaruh Investasi PMDN, PMA, dan Penyerapan Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Jumlah Penduduk Miskin Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan.

Published

2021-03-30