PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. PELINDO II (PERSERO) CABANG TELUK BAYUR PADANG

Authors

  • Reynaldo Wirasatya
  • Yuhelmi Yuhelmi
  • Lindawati Lindawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti nyata adanya Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Pelindo II Cabang Teluk Bayur Padang. Untuk melakukan pengujian digunakan sampel 48 orang Pelanggan yang pernah menggunakan jasa PT. Pelindo II (Persero) Cabang Teluk Bayur Padang. Pemilihan sampel dilakukan menggunakan teknik survey.

Variabel penelitian yang akan diuji menjadi dua kelompok utama yaitu variabel independent yaitu Kualitas Pelayanan yang terdiri dari Tangible, Reliability, Respontibility, Assurance dan Emphaty. dan variabel kedua adalah variabel dependent yaitu Kualitas Pelayanan. Untuk melakukan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis infrensial yaitu melalui model regresi linear berganda dan uji t-statistik. Hasil penelitian menyatakan tangible, reliability, assurance, dan emphaty berpengaruh signifikan sedangkan responsibility tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Pelindo II (Persero) Cabang Teluk Bayur Padang.

 

 

Kata Kunci : Tangible, Reliability, Respontibility, Assurance,  Emphaty dan                            Kepuasan Pelanggan.

 

 

 

 

 

Published

2013-09-13