ANALISIS PENGARUH JUMLAH UANG BEREDAR,SUKU BUNGA,NILAI TUKAR DAN PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP INFLASI DI INDONESIA

Authors

  • Okra Wilanda
  • Alvis Rozani
  • Firdaus Sy

Abstract

Inflasi merupakan masalah yang menghantui . Inflasi merupakan salah satu variabel makro perekonomian setiap negara. Perkembangan yang terus ekonomi, dimana tingkat inflasi terjadi pada suatu meningkat memberikan hambatan pada pertumbuhan negara menunjukkan perkembangan perekonomian ekonomi ke arah yang lebih baik. Pembangunan suatu negara. Menurut Ritongga (2003:08), Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan indonesia dengan ekonomi dunia. Inflasi yang metode analisis deskriptif untuk menganalisa pengaruh berlangsung lama akan melumpuhkan perekonomian, jumlah uang beredar, suku bunga SBI dan nilai tukar pertumbuhan ekonomi menjadi semakin lesu karena rupiah terhadap dollar terhadap tingkat inflasi. Adapun industri dan produksi berada dalam kondisi stagnan. Keadaan seperti ini dalam ilmu ekonomi di sebut alat analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah stagnasi. pendekatan parametrik menggunakan model Regresi

References

Abimanyu, Yoopi. 2004. Memahami Kurs Valuta Asing. Jakarta: Fakultas Ekonomi Unversitas Indinesia

Boediono. 2001. Ekonomi Makro (Sari SinopsisPengantar Ilmu Ekonomi No. 2) Edisi Keempat, Yogyakarta:FPFE

Dahlan Siamat, 2005. Manajemen LembagaKeuangan. “Kebijakan Moneter dan Perbankan”, Jakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, edisi kesatu.

Darmawi, Herman. 2011. Manajemen Perbankan.Jakarta: Bumi Aksara. mir. 2011. Dasar-dasarPerbankan. Jakarta: Raja Grafindo.

Dumairy. 2006. Perekonomian Indonesia. Jakarta:Erlangga.

Published

2021-03-30