ANALISIS PENGARUH FRAUD TRIANGLE TERHADAP KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2019)

Authors

  • Wahyu Subhan Universitas Bung Hatta
  • Herawati Universitas Bung Hatta

Keywords:

Kecurangan laporan keuangan, Stabilitas Keuangan, Target Keuangan, Tekanan Eksternal, Pengawasan yang tidak Efektif, dan Pergantian auditor.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh stabilitas keuangan, target keuangan, tekanan eksternal, pengawasan yang tidak efektif, dan pergantian auditor terhadap kecurangan laporan keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI tahun 2017-2019. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 42 perusahaan dalam kurun waktu 3 tahun sehingga total 126 total sampel perusahaan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS 2.0. Hasil statistik dari penelitian ini menunjukkan bahwa target keuangan berpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan. Sedangkan stabilitas keuangan, tekanan eksternal, pengawasan yang tidak efektif, dan pergantian auditor tidak berpengaruh terhadap kecurangan laporan keauangan.

References

S. Dwijayani, N. Sebrina, and

Halmawati, “Analisis Fraud

Triangle Utuk Mendeteksi

Kecurangan Laporan

Keuangan (Studi Empiris Pada

Perusahaan Manufaktur Yang

Terdaftar di BEI Periode

-2017),” J. Eksplor.

Akunt., vol. 1, no. 1, pp. 445–

, 2019.

ACFE, “Report To The

Nations - Global Study on

Occupational Fraud and

Abuse: Asia Pacific,” Asia

Pacific Ed., vol. 10, p. 80,

M. Iqbal and Murtanto,

“Analisa Pengaruh Faktorfaktor Fraud Triangle terhadap

Kecurangan Laporan

Keuangan pada Perusahaan

Property dan Real Estate yang

Terdaftar di Bursa Efek

Indonesia,” Semin. Nas.

Cendekiawan 2016, ISSN

-7589, no. 2002, pp. 1–

, 2016

Published

2021-03-30