PENGARUH KONSERVATISME, GROWTH OPPORTUNITIES, DAN MANAJEMEN LABA TERHADAP RELEVANSI NILAI LAPORAN KEUANGAN (Studi Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Makanan dan Minuman yang Terdapat di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019)

Authors

  • Selfi Damayanti Universitas Bung Hatta
  • Herawati Universitas Bung Hatta

Keywords:

Konservatisme, Growth Opportunities, Manajemen Laba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh konservatisme, growth opportunities dan manajemen laba terhadap relevansi nilai laporan keuangan. Pada penelitian ini digunakan beberapa perusahaan manufaktur sub sektor barang konsumsi makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan dari tahun 2016 sampai dengan 2019. Metode analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa konservatisme akuntansi berpengaruh positif terhadap relevansi nilai laporan keuangan, didalam uraian hasil pengujian hipotesis juga ditemukan manajemen laba berpengaruh positif terhadap relevansi nilai laporan keuangan serta growth opportunities tidak berpengaruh signifikan terhadap relevansi laporan keuangan perusahaan sub sektor barang konsumsi dan makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia

References

Kousenidis, D. V., A.C. Ladas and C.I

Negakis. 2010. Value Relevance of

Accounting Information in the Preand Posy-IFRS Accounting

Periods. European Research

Studies,XIII (1): 143-152.

Kusuma, Hadri. 2006. Dampak Manajemen

Laba terhadap Relevansi Informasi

Akuntansi: Bukti Empiris dari

Indonesia. Jurnal Akuntansi dan

Keuangan,8(1), 1-12.

Mayangsari, 2004. “Bukti Empiris

Pengaruh Spesialis Industri Auditor

Terhadap Ear ningsResponse

Coefficient”, Jurnal Riset

Akuntansi Indonesia, Vol. 7. No. 2.

Mei. Hal. 154-178.

Pratiwi Dyah Putri. 2017. Pengaruh Growth

Opportunity, Profitabilitas dan

Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai

Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset

Akuntansi Volume 6 Nomor 2

Februari 2017

Published

2021-03-30