PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI
Keywords:
Tanggung jawab Sosial Perusahaan,Tata kelola Perusahaan yang Baik, , Kepemilikan Institusional, kepemilikan Manajerial, Nilai Perusahaan.Abstract
Setiap perusahaan harus mampu bersaing dan bertahan dalam kondisi pandemi covid-19 ini maka perusahaan dituntut untuk dapat menerapkan Corporate Social Responsibility dengan baik untuk dapat meningkatkan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan dengan Good Corporate Governance yang diproksikan oleh kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial sebagai variabel moderasi pada perusahaan sektor transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, sampel yang didapat adalah sebanyak 28 perusahaan sektor transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode analisis data yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis. Data di olah dengan menggunakan SPSS 21.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Variabel Corporate Governance yang diproksikan oleh kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Variabel moderasi Good Corporate Governance yaitu kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial tidak mampu memoderasi hubungan antara Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaanReferences
D. M. & J. Natanagara, “pengaruh
Pengungkapan Corporate social
Responsibility Terhadap Respon Nilai
Perusahaan” Bus. Account. Rev., vol. 3,
no. 2, pp. 271–280, 2015.
O. . Simorangkir, Etika Bisnis, Jabatan,
Perbankan. Rineka Cipta, 2003.
A. F. Permana, “Pengaruh Tax Planning
dan Investment Opportunity Set terhadap
Firm Value dengan Good Corporate
Governance sebagai Variabel Moderasi,”
vol. 2, no. 2, pp. 124–133, 2019.
R. E. Freeman, Strategic Management A
Stakeholder Approach, Ma : Pitma.
Boston, 1984
Downloads
Published
2021-03-30
Issue
Section
Executive Summary