PENGARUH GAYA HIDUP, HARGA DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP MINAT BELI ROKOK ELEKTRIK DI KOTA PADANG

Authors

  • Jannatul Firdaus Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bunghatta
  • Zeshasina Rosha Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bunghatta
  • Wiry Utami Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bunghatta

Keywords:

gaya hidup, harga, pengetahuan produk, minat beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat beli rokok elektrik di Kota Padang. Studi empiris ini dilakukan untuk menganalisis hubungan gaya hidup, harga dan pengetahuan produk terhadap minat beli rokok elektrik. Teknik analisis kuantitatif digunakan untuk menguji tiga hipotesis melalui survei yang menggunakan skala likert lima poin. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Padang yang berminat membeli rokok elektrik dengan jumlah sampel sebanyak 80 orang. Teknik pengambilan sampel adalah non-probability sampling. Jenis data adalah data primer melalui penyebaran kuesioner. Metode analisa data menggunkan uji Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ditemukan bahwa gaya hidup dan harga secara parsial tidak berpengaruh terhadap minat beli rokok elektrik, sedangkan pengetahuan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli rokok elektrik. Kata Kunci : gaya hidup, harga, pengetahuan produk, minat beli

References

Ghozali, Imam. (2014). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS).Edisi 4.Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler dan Amstrong. (2009). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Amstrong. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Peter & Olson. (2010). Consumer Behaviour and Marketing Strategy. New York: Mc. Graw Hill.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta

Tjiptono, Fandy. (2003). Strategi Pemasaran,Edisi Kedua,Yogyakarta : Penerbit Andi.

Downloads

Published

2021-03-31