PENGARUH KEPUASAN SEBAGAI PEMEDIASI ANTARA KUALITAS PRODUK DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN AZWA PERFUME PONDOK DI KOTA PADANG (Study Kasus Pada Azwa Perfume Pondok Di Kota Padang) Dandi
Keywords:
Kualitas Produk,Store athmosphere,Loyalitas Pelanggan, Kepuasan PelangganAbstract
Penelitian ini menguji pengaruh kepuasan pelanggan sebagai pemediasi antara kualitas produk dan store athmosphere terhadap loyalitas pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan AZWA perfume Pondok yang bertempat di padang. Dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang responden yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data primer menggunakan kuesioner dan pengumpulan data sekunder menggunakan survey terhadap pelanggan pelanggan AZWA perfume Pondok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, store athmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan beperngaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan memediasi hubungan antara kualitas produk dan loyalitas pelanggan, kepuasan memediasi hubungan antara store athmosphere dan loyalitas pelanggan. Hipotesis yang paling dominan yaitu H5, pengaruh store atmosphere terhadap kepuasan pelanggan, hal ini di tandai dengan adanya nilai t-statistik paling tinggi dan P values paling rendah dari 4 variabel. Kata kunci :Kualitas Produk,Store athmosphere,Loyalitas Pelanggan, Kepuasan PelangganReferences
Afnina, A., & Hastuti, Y. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 21–30. Https://Doi.Org/10.33059/Jseb.V9i1.458
Aydin, S., & Özer, G. (2005). The Analysis Of Antecedents Of Customer Loyalty In The Turkish Mobile Telecommunication Market. European Journal Of Marketing, 39(7–8), 910–925. Https://Doi.Org/10.1108/03090560510601833
Baron, R. M., & Kenny, D. A. (1986). . Journal Of Personality And Social Psychology, 51(6), 1173–1182.
Ghozali, I., & Latan, H. (2012). Partial Least Square. Konsep, Teknik Dan Aplikasi Smartpls 2.0. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares : Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program Smartpls 3.0. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hair, Joseph F., Jr., William C. Black, Barry J. Babin, Rolph E. Anderson, R., & Tatham, L. (2010). Multivariate Data Analysis (7th Editio). Pearson Prentice Hall.
Hussain, R., & Ali, M. (2015). Effect Of Store Atmosphere On Consumer Purchase Intention. International Journal Of Marketing Studies, 7(2). Https://Doi.Org/10.5539/Ijms.V7n2p35
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Marketing Management. In Global Edition (Vol. 15E, Issue 4). Https://Doi.Org/10.1080/08911760903022556
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th Editi). Pearson Education.Inc.
Lamidi, & Rahadhini, M. D. (2013). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Green Product Sepeda Motor Honda Injection Dengan Kepuasan Sebagai Variable Moderasi. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13(2), 139–150.
Listiono, F. I. S., & Sugiarto, S. (2015). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Di Liberia Eatery Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(1), 1–9.
Miswanto, & Ria Angelia, Y. (2017). The Influence Of Service Quality And Store Atmosphere. JMK, VOL. 19, NO. 2, September 2017, 106–111 ISSN 1411-1438 Print / ISSN 2338-8234 Online, 19(2), 106–111. Https://Doi.Org/10.9744/Jmk.19.2.106
Mowen, J. C., & Minor, M. (2012). Perilaku Konsumen (Jakarta). Erlangga.
Nurhidayati, & Yuliantari, K. (2018). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Fish Streat Cabang Tebet. Widya Cipta, II(1), 69–75.
Purnamasari, N. D., Hidayat, A. M., & Si, M. (2016). Analisis Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Warung Misbar Bandung Tahun 2016 Analysis Of Influence Of Store Atmosphere On The Customer Loyalty At Warung Misbar Bandung In 2016 Tahun No Klafisikasi Restoran Talam Kencana Restoran T. E-Proceeding Of Applied Science, 2(2), 441–447.
Santika, D. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Cafe OTW Food Street Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 52(1), 100–105.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods For Business. John Wiley & Ons Ltd.
Srinivasan, S. R., & Srivastava, R. K. (2010). Creating The Futuristic Retail Experience Through Experiential Marketing: Is It Possible? An Exploratory Study. Journal Of Retail And Leisure Property, 9(3), 193–199. Https://Doi.Org/10.1057/Rlp.2010.12
Sutomo, R. N., & Nurtjahjani, F. (2005). Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Pelayanan. 7–12.
Tendean, A., & Widodo, A. (2012). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen ( Studi Pada Maja House Sugar & Cream Bandung ). 17(2), 97–108.
Welsa, H., & Khoironi, M. (2019). Pengaruh Kualiatas Layanan Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus Pada Konsumen Di Restoran Toean Watiman Yogyakarta ) Henny Welsa Muhamad Khoironi. Ebbank, 10(1), 1–16.
Windarti, T., & Ibrahim, M. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Donat Madu (Studi Pada Konsumen CV. Donat Madu Cihanjuang–Pekanbaru). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.