PENGARUH KOMITMEN TERHADAP KEPUASAN KERJA AUDITOR INTERNAL; MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING ( Penelitian pada Lembaga Perbankan di Sumatera Barat )

Authors

  • Febriyo Effendi
  • Herawati Herawati
  • Fivi Anggraini

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh komitmen terhadap kepuasan kerja auditor internal : motivasi sebagai variabel moderating ( Penelitian pada Lembaga Perbankan di Sumatera Barat )

            Sampel dalam penelitian ini adalah auditor internal pada lembaga perbankan di profinsi Sumatera Barat. Pengumpulan data di lakukan dengan cara menyebarkan kuesioner sebanyak 50 kuesioner, namun kuesioner yang kembali sebanyak 38 kuesioner dengan tingkat pengembalian kuesioner 76%. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS (Statistical Package For Social Science).

            Dari keempat hipotesis yang diuji, menunjukkan bahwa hipotesis pertama (a), komitmen profesional berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja (b), komitmen organisasional berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, (c), motivasi mempengaruhi hubungan komitmen profesional terhadap kepuasan kerja, dan (d),motivasi tidak mempengaruhi hubungan komitmen organisasional terhadap kepuasan kerja.

 

Kata kunci: Komitmen Profesional, Komitmen Organisasional, Motivasi, Kepuasan Kerja.

Published

2013-03-17