FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYIAPAN DAN PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI PADA PERUSAHAAN MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN AGAM

Authors

  • Dewi Novita Sari
  • Fivi Anggraini
  • yunilma yunilma

Abstract

Informasi akuntansi merupakan dasar yang andal dalam pengambilan keputusan bagi perusahaan. Dalam kenyataannya kebanyakan pengusaha mikro, kecil dan menengah tidak mampu dalam melakukan penyiapan dan penggunaan informasi akuntansi. Penelitian ini melakukan analisis faktor-faktor  yang mempengaruhi penyiapan dan penggunaan informasi akuntansi  pada perusahaan mikro, kecil dan menengah. Pengujian pengaruh skala perusahaan, sektor industri, pendidikan pemilik, serta umur perusahaan terhadap penyiapan dan penggunaan informasi akuntansi pada perusahaan mikro, kecil dan menengah menggunakan analisis regresi berganda. Penelitian ini menggunakan 96 perusahaan, yang diharapkan dapat memberikan bukti empiris tentang penyiapan dan penggunaan informasi akuntansi perusahaan mikro, kecil dan menengah di Kabupaten Agam.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa skala perusahaan dan sektor industri berpengaruh signifikan terhadap penyiapan dan penggunaan informasi akuntansi. Namun pendidikan pemilik dan umur perusahaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap penyiapan dan penggunaan informasi akuntansi.

Kata Kunci: Perusahaan Mikro, Kecil dan Menengah, Penyiapan dan  Penggunaan Informasi Akuntansi, Pendidikan  Pemilik, Umur Perusahaan.

Published

2013-03-17