PENANAMAN MODAL ASING (PMA) DI INDONESIA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA

Authors

  • Fachrul Rozy
  • Irwan Muslim

Keywords:

Modal Asing, Penanaman, Ekonomi

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang sedang berkembang. Usaha-usaha pembangunan yang di lakukan oleh negara yang sedang berkembang pada umumnya berorientasi pada bagaimana memperbaiki atau meningkatkan taraf hidup masyarakatnya, maka untuk mempercepat pembangunan ekonomi salah-satu sumber utama bagi pembangunan ekonomi adalah adanya investasi yang mampu memperbaiki kualitas modal atau SDM dan fisik, yang selanjutnya akan berhasil meningkatkan kualitas sumber daya melalui penemuan-penemuan baru, inovasi, dan kemajuan teknologi. Dan oleh karena itu dalam rangka mengejar ketertinggalan pembangunan dari negara-negara maju serta untuk memenuhi dana tersebut, negara-negara berkembang seperti Indonesia memerlukan dana yang cukup besar sebagai sumber pembiayaan untuk pembangunan ekonomi. Di samping berupaya menggali sumber pembiayaan dalam negeri (PMDN), pemerintah juga mengundang sumber pembiayaan luar negeri, salah satunya adalah penanaman modal asing (PMA) (Rexsy S. Tambunan, 2015)

References

Thirafi M aulia. Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Ketersediaan Tenaga Kerja, Infrastruktur Dan Kepadatan Penduduk Terhadap Penanaman Modal Asing Di Kabupaten Kendal. Econ Dev Anal J. 2013;2(1).

Febriana A. Investasi Asing Langsung Di Indonesia Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. J Akunt dan Keuang. 2014;4(1):17–35.

Zaenuddin M. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Investasi Pma Di Batam. JEJAK J Ekon dan Kebijak. 2012;2(2):156–66.

Muammar F. Pengaruh bencana alam terhadap aliran masuk FDI ke Indonesia. J Ilm Mhs Ekon Pembang Fak Ekon dan Bisnis Unsyiah. 2016;1(2):571–9.

Septifany AT. Penanaman Modal Asing di Indonesia ( Studi Pada Bank Indonesia Periode Tahun 2006-2014 ). 2015;25(2):1–7.

Sarwedi. Investasi Asing Langsung Di Indonesia. J Akunt Keuang. 2002;

Suwarno. Modal Asing Pada Industri Manufaktur di Jawa Timur Suwarno Fakultas Ekonomi UPN “ Veteran ” Jatim. 2008;8(1):50–.

Eliza M. Analisis Pengaruh Variabel Makroekonomi Terhadap Investasi Asing. J Ilm Mhs FEB. 2013;19.

Muhammad Syaikhu A, Haryati T. Analisis Pengaruh Inflasi, Suku Bunga Kredit, Tenaga Kerja, Teknologi Terhadap Investasi di Indonesia. 2018

Published

2021-09-02