ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGANGGURAN DI INDONESIA

Authors

  • Rinta Kartika
  • Irwan Muslim

Keywords:

Pengangguran, Sosial

Abstract

Pengangguran merupakan ketidakmampuan angkatan kerja untuk memperoleh pekerjaan sesuai dengan yang mereka butuhkan atau mereka inginkan. Jadi dapat disimpulkan pengangguran adalah suatu kondisi di mana seseorang yang sudah tergolong angkatan kerja belum mendapat pekerjaan dan berusaha mencari pekerjaan. Permasalahan terkait tingkat pengangguran yang tinggi akan bisa memicu munculnya masalah lain baik secara langsung atau tidak langsung. Pengangguran akan berdampak pada bidang sosial, ekonomi dan bidang lainnya. Salah satu contoh pengangguran yang berdampak di bidang sosial adalah tingkat kesejahteraan, kejahatan dan masalah sosial dan politik lainnya (Prasaja, 2013). Tingkat pengangguran Indonesia tertinggi di antara negara-negara Asociation of South Asean Nation (ASEAN) Peningkatan tingkat pengangguran di Indonesia terjadi karena adanya peningkatan jumlah angkatan kerja di Indonesia dan disebabkan oleh pertumbuhan ekonomi yang gagal menciptakan lapangan kerja baru. Masalah pengangguran juga dihadapi oleh Negara maju, namun penyelesaian tidak membutuhkan waktu yang lama. Sedangkan di Negara berkembang, berbagai masalah yaitu sempitnya lapangan pekerjaan, ledakan penduduk, kelangkaan investasi, maupun masalah sosial politik (Seruni, 2014).

References

Islamiah, F. (2020). Determinan Pengangguran Di Pulau Jawa Tahun 2008-2018 (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Prasaja, Mukti H. 2013. Pengaruh Investasi Asing, Jumlah Penduduk dan Inflasi terhadap Pengangguran Terdidik di Jawa Tengah Periode Tahun 1980-2011. Economics Development Analysis Journal 2 (3)

Qomariyah, I. (2013). Pengaruh tingkat inflasi dan pertumbuhan ekonomi terhadap tingkat pengangguran di jawa timur. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 1(3).

Saadah, N. W., & Ardyan, P. S. (2016). Analisis Pengaruh Upah Minimum Pekerja Dan Jumlah Penduduk Miskin Terhadap Tingkat Pengangguran Di Surabaya. JEB17: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(02).

Seruni, Reiny. 2014. Pola Inflasi dan Pengangguran di Negara ASEAN tahun 2003-2012. Jurnal Ekonomi Pembangunan, Volume 12, No.1, pp:55-66.

Published

2021-09-02