PENGARUH IDEALISME, RELATIVISME, GENDER DAN TINGKAT PENGETAHUAN TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI ATAS PERILAKU TIDAK ETIS AKUNTAN

Authors

  • Efran Efran
  • Ethika Ethika
  • Resti Yulistia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh idealisme, relativisme, gender dan tingkat pengetahuan terhadap persepsi mahasiswa akuntansi atas perilaku tidak etis akuntan. Sebelum dilakukan tahapan pengolahan data terlebih dahulu dilakukan proses pengumpulan data, pada penelitian ini yang menjadi sampel adalah mahasiswa akuntansi di Universitas Bung Hatta yang telah melaksanakan perkuliahan dari semester lima keatas. Proses pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Data yang digunakan adalah primer yaitu diperoleh melalui penyebaran kuesioner.

Pada penelitian ini, variable independen terdiri dari idealisme, relevatisisme, genderdan tingkat pengetahuan sedangkan variabel dependen yaitu persepsi mahasiswa akuntansi atas perilaku tidak etis.Untuk menguji hipotesis digunakan regresi berganda dengan bantuan program SPSS. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa idealisme, relevatisisme, gender, dan tingkat pengetahuan tidak berpengaruh signifikan terhadap persepsi mahasiswa akuntansi atas perilaku tidak etis di lingkungan Universitas Bung Hatta Padang.

 

Kata Kunci : Idealisme, Relevatisisme, Gender, Pengetahuan

Published

2013-03-17