ANALISISDAMPAKPEMBANGUNANKAMPUS2UNIVERSITASBUNGHATTA TERHADAPEKONOMIMASYARAKATSEKITARAIAPACAHSUMATERABARAT

Authors

  • Yusifa Ivi
  • Evi Susanti Tasri

Abstract

Pembangunanekonomipadadasarnya tidak hanya diarahkan untuk mengejar pertumbuhanekonomiyangtinggi,tetapijuga ditekankan pada peningkatan pemerataan pendapatan,yangpadagilirannyadiharapkan dapatmengurangikesenjangan pendapatan antargolonganpendudukdanmengentaskan ekonomimasyarakat.Pembangunanekonomi juga merupakan kenyataan fisik sekaligus tekadsuatumasyarakatuntukberupayademi mencapaikehidupan yang serba lebih baik dalam peningkatan ketersediaan serta perluasan distribusiberbagaibarang pokok, peningkatan standarhidup serta perluasan pilihan-pilihanekonomisdansosial(Todaro, 2016). Investasi pendidikan adalah semua bentuk pengeluaran dalam rangka meningkatkan pendidikan (education) masyarakat.Pendidikan masyarakat diukur darirata-ratalamasekolahpendudukdalam suatu wilayah. Besarnya pengeluaran pemerintahmenjadiukurantentangseberapa besar perhatian pemerintah pada usaha pengembangan kualitas SDM.Selain Pendidikan, kepemilikan asset sangat berpengaruhpadaperekonomianmasyarakat. Aset adalah sumber daya ekonomiyang dikuasaidan atau dimilikioleh Pemerintah sebagaiakibatdariperistiwamasalaludan darimanamanfaatekonomidanatausosialdi masadepandiharapkandapatdiperoleh,baik oleh pemerintah maupun masyarakat,serta dapatdiukurdalam satuanguang,termasuk sumberdayanonkeuanganyangdiperlukan untukpenyediaanjasabagimasyarakatumum dan sumber-sumber daya yang dipelihara karenaalasansejarahdanbudaya(Meidiana& Marhaeni,2019)

References

Nugraha,S.(2018).Analisis Faktor Yang

Berpengaruh Terhadap Tingkat

PendapatanTenagaKerjaPadaIndustri

KecilManikDesaPlumbonGambang

Payaman,J.S.(2013).PengantarEkonomi

SumberDayaManusia.Jakarta:Penerbit

FEUI.

Sami’an.(2015).Pendidikan dan Pelatihan

SDM.Jakarta:AkademisUMS.

Smith,M.P.T.&S.C.(2013).Pembangunan

EkonomidiDuniaKetiga,Edirikedelapan,.

Jakarta:AirlanggaUniversityPress.

Soesanto. (2014). Psikologi Pendidikan.

Jakarta:RinekaCipta.

Sugiono.(2016).MetodePenelitanKuantitatif,

kualitatifdanR&D.Bandung:Alfabeta.

Sukirno,S.(2018).Makro EkonorniTeori

Pengantar.PT.Raja Grafindo Persada,

Jakarta.

Sulistyowati,N.,Priyarsono,H. D. S.,&

Tambunan,M.(2014).DampakInvestasi

PendidikanTerhadapPerekonomianDan

Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten

Dan Kota DiJawa Tengah.Organisasi

danManajemen,6(2),158–170.

Todaro. (2016). Economic Development.

Seventh Edition. New York: Addition

WesleyLongman,Inc.

Winters,P.,Davis,B.,Carletto,G.,Covarrubias,

K.,Quiñones,E.J.,Zezza,A.,…Stamoulis,

K.(2009).Assets,Activities and Rural

Income Generation:Evidence from a

Multicountry Analysis. World

Development,37(9),1435–1452.

Yohana,I.dan.(2015).Pengaruh Lotus Of

Control,FinancialKnowledge ,Iincome

TerhadapFinalcialManagementBehavior.

Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 12(3),

–144.

Zamrozi. (2015). Pengaruh Pendidikan

Terhadap Tingkat Kemiskinan. Jurnal

Ekonomi&Pendidikan,7(1).Arsyad

Published

2021-09-02