ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CADANGAN DEVISA DI INDONESIA

Authors

  • Zainal Abidin
  • Erni Febrina Harahap

Keywords:

Devisa, Cadangan

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara berkembang penganut sistem perekonomian terbuka yang tidak akan terlepas dari kegiatan ekonomi internasional. Kegiatan ekonomi internasional yang dilakukan oleh setiap negara bertujuan untuk memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi dunia maupun domestik. Sumber pembiayaan perdagangan luar negeri disimpan dalam cadangan devisa yang dipertanggungjawabkan oleh Bank Indonesia dan dicatat dalam neraca pembayaran Bank Indonesia. Bagi negara sedang berkembang seperti Indonesia, untuk dapat memenuhi tingkat konsumsi dengan hasil produksi yang tidak mencukupi, maka akan melakukan kegiatan perdagangan internasional dengan cara melakukan impor untuk memenuhi konsumsi masyarakatnya tersebut, dan melakukan ekspor untuk mendapatkan keuntungan. Cadangan devisa mempunyai peran penting dan merupakan indikator untuk menunjukkan kuat lemahnya fundamental perekonomian suatu negara, selain itu juga dapat menghindari krisis suatu negara dalam ekonomi dan keuangan (Priadi dan Sekar, 2008). Cadangan devisa merupakan total valas yang dimiliki oleh pemerintah dan swasta dari suatu negara. Cadangan tersebut dapat diketahui dari posisi balance of payment (BOP) atau neraca pembayaran internasionalnya. Makin banyak devisa yang dimiliki oleh pemerintah dan penduduk suatu negara maka berarti makin besar kemampuan negara tesebut dalam melakukan transaksi ekonomi dan keuangan internasional dan makin kuat pula nilai mata uang negara tersebut (Hady, 2001).

References

Hady, Hamdy. 2001. Teori dan Kebijakan Perdagangan Ekonomi Internasional. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Harahap, Erni Febrina. 2012. Pemberdayaan Masyarakat Dala Bidang Ekonomi Untuk Mewujudkan Ekonomi Nasional yang Tangguh Dan Mandiri, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Volume 3, Nomor 2, Mei 2012 ISSN : 2086 - 5031

Priadi Asmanto, dan Sekar Suryandari. 2008. Cadangan Devisa, Financial Deeping, dan Stabilitias Nilai Tukar Riil Rupiah Akibat Gejolak Nilai Tukar Perdagangan. Dalam Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan, Bank Indonesia, 11 (2):h: 121-153.

Sonia, Agnes Putri dan Nyoman Djinar Setiawina. 2016. “Pengaruh Kurs, Jub dan Tingkat Inflasi Terhadap Ekspor, Impor dan Cadangan Devisa Indonesia”. E-Jurnal EP Unud, 5 [10] : 1077-1102.

Todaro. Michael. P. dan Stephen C. Smith. 2008. Pembangunan Ekonomi Edisi Ke Sembilan. Jakarta: Erlangga.

Ulfa, Salawati. Dan T Zulham. 2017. “Analisis Utang Luar Negeri dan Pertumbuhan Ekonomi: Kajian Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsyiah. 2 (1), 144-152.

Published

2021-09-02