ANALISIS PENGARUH JUMLAH UANG BEREDAR, KONSUMSI MASYARAKAT, PERTUMBUHAN EKONOMI DAN SUKU BUNGA TERHADAP INFLASI DI INDONESIA

Authors

  • Romy Chandra Wijaya
  • Alvis Rozani

Keywords:

Ekonomi, inflasi

Abstract

Negara berkembang seperti Indonesia umumnya memiliki struktur perekonomian cenderung rentan dengan adanya goncangan terhadap kestabilan kegiatan perekonomian. Perekonomian selalu menjadi perhatian yang paling penting dikarenakan apabila perekonomian dalam kondisi yang tidak stabil maka akan timbul masalah-masalah ekonomi. Indikator–indikator ekonomi makro sangat berperan dalam menstabilkan perekonomian. Salah satu indikator ekonomi makro yang dapat digunakan untuk melihat stabilitas perekonomian suatu Negara adalah inflasi, karena perubahan dalam indikator ini akan berdampak langsung terhadap dinamaki perekonomian suatu Negara. Inflasi merupakan fenomena moneter dalam suatu negara dimana naik turunnya inflasi cenderung mengakibatkan terjadinya gejolak ekonomi. Inflasi merupakan salah satu indikator perekonomian yang penting, laju perubahannya selalu diupayakan rendah dan stabil agar tidak menimbulkan penyakit makroekonomi yang nantinya akan memberikan dampak ketidakstabilan dalam perekonomian. Fenomena inflasi merupakan masalah klasik bagi perekonomian yang hingga saat ini masih memberikan trauma mendalam. Pada dasarnya fenomena inflasi di Indonesia disebabkan oleh berbagai faktor eksternal dan internal, baik yang berpengaruh secara langsung maupun tidak.

References

Anton, H. G. (1991). Anggaran Pemerintah dan Inflasi di Indonesia. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Duesenberry, J. S. (1949). Income. Saving and the Theory of Consumer Behavior, Harvard: Cambridge.

Friedman, M. (1957). The permanent income hypothesis. In A theory of the consumption function (pp. 20-37). Princeton University Press.

Frederic. S Mishkin (1995) The Economic of Money, Banking and Financial Market, Fourth Edition, Harper Collins College Publisher. New York.

Gujarati, D. N., & Porter, D. C. (2009). Basic econometrics (international edition). New York: McGraw-Hills Inc.

Solow, R. M. (1956). A contribution to the theory of economic growth. The quarterly journal of economics, 70(1), 65-94.

Published

2021-09-03