ANALISIS PENGARUH PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO, TINGKAT PARTISIPASI ANGKATAN KERJA DAN INFLASI TERHADAP UPAH MINIMUM PROVINSI DI INDONESIA

Authors

  • Yoga Julianda
  • Alvis Rozani

Keywords:

Donestik Brto, Angakatan Kerja

Abstract

Dalam kondisi Indonesia sekarang terutama melihat masih banyaknya penghidupan yang tidak layak didapat oleh masyarakat indonesia, oleh karna itu perlu sekira nya melakukan upaya upaya untuk mengatasi masalah ini seperti butuh kajian kritis mengenai penghidupan buruh, terutama rendahnya pemenuhan upah buruh.Jika dilihat dalam kontitusi Negara Indonesia yaitu Undang-Undang Dasar (UUD) tahun 1945 pasal 27 ayat (2) disebutkan jika“Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan” pasal ini menunjukan jika kewajiban negara dalam menjamin supaya semua penduduk bisa hidup dengan layak. pemerintah menetapkan kebijakan upah minimun sesuai UU No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dengan tujuan sebagai perlindungan untuk tenaga kerja beserta keluarganya.

References

Adiwarman A. Karim, Ekonomi Makro Islam, (Jakarta : PT Grafindo Persada 2008), hlm.135

Agustina, Erna. 2007. Analisis Penentuan Upah Minimum di Provinsi Jawa Barat. Skripsi: Institut Pertanian Bogor.

Arnaud, Sebastien St. 2005. The Rise and Fall of Provincial Minimum Wage: Labor Movement, Business Interest, and Partisan Theory. Sociological Journal: USA. Department of Sociology, University of Toronto.

Badan Pusat Statistik. 2015-2018. Nilai upah buruh Provinsi di Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Boediono, Ekonomi Makro: Seri Sinopsis Pengantar Ilmu Ekonomi No.2, (Yogyakarta: Penerbit BPFE, 1997), hlm.97

Published

2021-09-03