ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI SUMATERA BARAT

Authors

  • Rezka Yoli Amanda
  • Erni Febrina Harahap

Keywords:

Ekonomi, PDRB

Abstract

Pemerintah Indonesia saat ini sedang melaksanakan rencana pembangunan ekonomi untuk membangun masyarakat yang sejahtera. Kebijakan pemerintah ini dilaksanakan melalui otonomi daerah, pembangunan daerah menjadi strategi utama, oleh karena itu pembangunan ekonomi yang tepat akan berdampak langsung pada peningkatan produksi barang dan jasa yang akan melibatkan pertumbuhan ekonomi daerah. Menurut Hidayat et al. (2011), peningkatan output berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi, dan pertumbuhan ekonomi telah menjadi isu makroekonomi. Pemerintah mengutamakan pembangunan ekonomi yang berkeadilan karena bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat. Para ekonom mendefinisikan pertumbuhan ekonomi daerah sebagai pertumbuhan produk domestik regional bruto (PDRB), terlepas dari apakah pertumbuhan itu lebih besar atau lebih kecil dari tingkat pertumbuhan penduduk (Sukirno, 1995). Dari pemahaman tersebut terlihat bahwa produk domestik regional Bruto (PDRB) merupakan salah satu ukuran yang digunakan sebagai dasar penghitungan laju pertumbuhan ekonomi daerah. Peningkatan PDRB suatu daerah mencerminkan keberhasilan daerah dalam mencapai pembangunan ekonomi di daerah tersebut.

References

Alisman, A. (2018). Pengaruh Investasi dan Angkatan Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di A ceh. Jurnal ekombis, 2(1). Arsyad, L. (2010). Ekonomi Pembangunan, Edisi Kelima. Yogyakarta: UPP STIM YKPN. Baltagi, B. H., Bresson, G., & Pirotte, A. (2008). To pool or not to pool. In The econometrics of panel data (pp. 517-546). Springer, Berlin, Heidelberg. Hakim, A. (2014). Pengantar ekonometrika dengan aplikasi Eviews. Yogyakarta: Ekonisia.

Harahap, Erni Febrina, Luviana, Nurul Huda (2020). Tinjauan Defisit Fiskal, Ekspor, Impor dan Jumlah Umkm terhadap pertumbuhan ekonomi indonesia. Jurnal benefita, 5(2). Harahap, Erni Febrina. (2021). The Spatial Concentration of Manufacturing Industry Workforce: Is There a Change. Jurnal Ipteks Terapan (Research Of Applied Science And Education), 15(1), 34-47. Hasan, E., & Amar, S. (2014). Pengaruh investasi, angkatan kerja dan pengeluaran pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Riset Manajemen Bisnis dan Publik, 1(1). Hidayat, M. Dkk. (2011). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi kota Pekanbaru. Jurnal Sosial Ekonomi Pembangunan, 2(4).

Published

2021-09-03