Pengaruh Pergantian Manajemen, Opini Audit, dan Ukuran Perusahaan, Terhadap Auditor Switching Dengan Financial Distress Sebagai Variabel Moderasi

Authors

  • Rosita Rosita Universitas Bung Hatta
  • Herawati Herawati Universitas Bung Hatta

Keywords:

Auditor switching, Pergantian Manajemen, Opini Audit, Ukuran Perusahaan, Financial Distress

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pergantian manajemen, opini audit, dan ukuran perusahaan terhadap auditor switching dengan financial distress sebagai variabel moderasi. Jenis data dalam penelitian ini adalah data sekunder pada perusahaan jasa sektor keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Sampel diperoleh dengan metode purposive sampling sebanyak 56 perusahaan selama lima tahun berturut-turut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pergantian manajemen, opini audit, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap auditor switching, sedangkan financial distress berpengaruh terhadap auditor switching. Selanjutnya financial distress secara negatif memoderasi pergantian manajemen terhadap auditor switching, financial distress juga secara negatif memoderasi opini audit terhadap auditor switching, serta financial distress tidak mampu memoderasi ukuran perusahaan terhadap auditor switching.

References

Kieso., Jerry. J. Weygandt., & Pauld, E. (2007). Accounting Principles (Edisi 12).

Maryani., Respati, N. W., & Safrida, S. (2017). Pengaruh Financial Distress, Pertumbuhan Perusahaaan, Rentabilitas, Ukuran Kap, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pergantian Auditor. Jurnal Reviu Akuntansi Dan Keuangan 6 (2).

Downloads

Published

2022-03-09