PENGARUH KARAKTERISTIK DEWAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TRIPLE BOTTOM LINE
Keywords:
Ukuran dewan komisaris,, keberadaan wanita,, pengungkapan triple bottom lineAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karekteristik dewan terhadap pengungkapan Triple Bottom Line. Jumlah dewan komisaris dan keberadaan wanita di dewan komisaris digunakan sebagai proksi dari karakteristik dewan. Sampel penelitian ditentukan dengan metode simple random. Data sekunder yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Temuana penelitian menunjukan bahwa ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap pengungkapan triple bottom line lingkungan, triple bottom line social, dan triple bottom line ekonomi. Sedangkan keberadaan wanita juga tidak berpengaruh terhadap pengungkapan triple bottom line lingkungan, triple bottom line social, dan triple bottom line ekonomi.References
G. Aras dan D. Crowther, “Corporate
sustainability reporting: A study in
disingenuity?,” J. Bus. Ethics, vol. 87,
no. SUPPL. 1, hal. 279–288, 2009, doi:
1007/s10551-008-9806-0.
F. Hasanah, H. Yanto, dan B. Dwi
Handayani, “Model Pengembangan Good
Corporate Governance dan Sustainability
Report pada Perusahaan yang Terdaftar
di Bursa Efek Indonesia,” Simp. Nas.
Akunt. XVII Mataram. Univ. Mataram,
Lombok., 2014.
A. Jackson, K. Boswell, dan D. Davis,
“Sustainability and Triple Bottom Line
Reporting – What is it all about?,” Int. J.
Business, Humanit. Technol., vol. 1, no.
, hal. 55–59, 2011.
M. Chen, “Pengaruh Ukuran Dewan
Komisaris Dan Kepemilikan Asing
Terhadap Luas Pengungkapan Csr,” EL
Muhasaba J. Akunt., vol. 10, no. 2, hal.
, 2019, doi: 10.18860/em.v10i2.6721.
S. Brammer, A. Millington, dan B.
Rayton, “The contribution of corporate
social responsibility to organizational
commitment,” Int. J. Hum. Resour.
Manag., vol. 18, no. 10, hal. 1701–1719,
, doi: 10.1080/09585190701570866.
P. Dwipayadnya, N. Wiagastini, dan I. A.
Purbawangsa, “Kepemilikan Manajerial
dan Leverage sebagai Prediktor
Profitabilitas dan Pengungkapan
Corporate Social Responsibility,” Bul.
Stud. Ekon., vol. 20, no. 2, hal. 150–157,