PENGARUH OPINI AUDIT, KUALITAS KAP, AUDIT TENURE DAN KOMPLEKSITAS OPERASI PERUSAHAAN TERHADAP AUDIT DELAY

Authors

  • Lusi Daniati Universitas Bung Hatta
  • Dandes Rifa Universitas Bung Hatta

Keywords:

Audit Delay, Opini Audit, Kualitas KAP, Audit Tenure, Kompleksitas Operasi Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh opini audit, kualitas KAP, audit tenure dan kompleksitas operasi perusahaan terhadap audit delay. Jenis data dalam penelitian ini adalah data sekunder pada perusahaan property and real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019 dengan jumlah 66 perusahaan. Sampel diperoleh dengan metode purposive sampling sebanyak 42 perusahaan selama lima tahun berturut-turut. Uji hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa opini audit memiliki pengaruh signifikan negatif terhadap audit delay sedangkan kualitas KAP, audit tenure dan kompleksitas operasi perusahaan memiliki pengaruh signifikan positif terhadap audit delay

References

H. Saputra, “Pengaruh Prediksi Kebangkrutan, Komite Audit dan Opini Audit terhadap Audit Delay (Studi pada Perusahaan Perdagangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017),” Universitas Negeri Jakarta, 2019.

O. D. Saputri, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Audit Delay (Studi Empiris pada Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia),” Undip, 2012. http://eprints.undip.ac.id (accessed Jun. 16, 2021).

H. Ahmad, N. Alim, and I. Subekti, “Pengujian Empiris Audit Report Lag Menggunakan Client Cycle Time Dan Firm Cycle Time,” Simp. Nas. Akunt. VII Solo, 2005.

Otoritas Jasa Keuangan, “Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia Nomor 3 /POJK.04/2021 tentang Penyelenggaraan Kegiatan di Bidang Pasar Modal,” 2021.

H. K. Sari and M. P. P. Priyadi, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Audit Delay pada Perusahaan Manufaktur Tahun 2010-2014,” J. Ilmu dan Ris. Akunt., vol. 5, no. 6, 2016.

M. T. Widyastuti and I. B. P. Astika, “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kompleksitas Operasi Perusahaan Dan Jenis Industri Terhadap Audit Delay,” E-Jurnal Akunt. Univ. Udayana, vol. 18, no. 2, pp. 1082–1111, 2017.

Downloads

Published

2022-03-09