PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI UKURAN PERUSAHAAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2020)

Authors

  • Erin Setiani Universitas Bung Hatta
  • Herawati Herawati Universitas Bung Hatta

Keywords:

Nilai Perusahaan, Keputusan Investasi, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Struktur Modal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keputusan investasi, ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan, dan struktur modal terhadap nilai perusahaan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI tahun 2015-2020. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 15 perusahaan pertambangan. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa variabel keputusan investasi dan struktur modal memiliki pengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, variabel ukuran perusahaan memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan, dan variabel pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

References

C. Israel, M. Mangantar, and I. S. Saerang, “Pengaruh Struktur Modal, Kepemilikan Institusional Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bei,” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 6, no. 3, pp. 1118–1127, 2018.

K. N. Mery, “The Effect of Liquidity, Leverage and Profitability of the Corporate’s Value with Dividend Policy as Moderation on Mining Companies at The Indonesia Stock Exchange Year 2011-2014,” Fac. Econ. Riau Univ. Pekanbaru,Indonesia., vol. 4, no. 1, pp. 2000–2014, 2017.

A. Suryandani, “Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Property Dan Real Estate,” Bus. Manag. Anal. J., vol. 1, no. 1, pp. 49–59, 2018.

Downloads

Published

2022-03-09